Kaset Prarilis Game Super Mario Bros 3 Dilelang Rp463 Juta

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 16 2278172 kaset-prarilis-game-super-mario-bros-3-dilelang-seharga-rp463-juta-8AUlUXDSC2.jpg Game Super Mario 3. (Foto: Gamerant)

SALAH satu bagian dari sejarah game populer Super Mario Bros dan Nintendo berhasil dilelang dengan harga fantastis. Heritage Auction, rumah lelang multinasional yang berbasis di Dallas, Texas, Amerika Serikat, melelang sebuah prototipe catridge atau kaset langka game Super Mario Bros 3 dengan harga USD31.200 atau setara Rp463 juta.

Dikutip dari laman resminya, Selasa (15/9/2020), Heritage Auction menyatakan lelang kaset langka game Super Mario Bros 3 berlangsung selama beberapa hari, tepatnya pada 10–13 September. Selama lelang, total ada 28 penawaran.

Baca juga: Ini Deretan Game yang Dirilis di Peringatan 35 Tahun Super Mario Bros 

Menariknya, ini menjadi kaset pertama dari karakter Super Mario yang dilelang melalui Heritage Auction.

Tidak hanya memuat game populer, kaset itu pada dasarnya telah berumur 30 tahun dan memuat data prarilis dari game Super Mario Bros 3 sebelum diluncurkan di Amerika Serikat. Itu merupakan bagian integral dari pengembangan judul, dan diduga menjadi tahap akhir pengembangan game sebelum diperkenalkan pada Februari 1990.

Kaset Prarilis game Super Mario 3. (Foto: Heritage Auctions/ha.com)

Selain itu, harga fantastis tersebut juga didukung tampilan kaset yang terlihat unik. Kaset itu dibuat dari kaset bekas yang semula berisi game Kid Icarus, kemudian didaur ulang untuk diisi game baru.

Bahkan pada tampilan luar kaset masih menyisakan setengah label game tersebut. Bagian bawahnya tertulis "Super 3" menggunakan spidol.

Baca juga: Game Legendaris 'Super Mario Bros' Terjual Rp1,6 Miliar 

"Super 3 telah digoreskan dengan apa yang tampak seperti penanda biru di bagian depan kaset pada label Kid Icarus, dengan gaya yang terlihat terburu-buru dan kasual oleh seorang karyawan Nintendo," tulis Heritage Auction dalam kolom deskripsi.

Tidak hanya itu, dari foto dalam website terlihat tampilan kaca kaset telah dipotong sedemikian rupa untuk mengekspos EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory). Itu merupakan bagian penting dari prototipe yang seolah menjadi 'jantung' kaset. Sebab pada dasaranya EPROM memuat data prarilis untuk Super Mario Bros 3.

Terlepas dari itu, Lords of Gaming melaporkan bahwa Wata Grading, sebuah perusahaan dan komunitas kolektor game, menilai kaset tersebut memiliki kualitas "PRO". Kualitas ini tentunya sangat baik untuk kaset, terutama yang didaur ulang, dan telah berusia 30 tahun.

Lelang kali ini sendiri bukanlah nilai tertinggi dari game Super Mario. Gamerant melaporkan salinan asli dari Super Mario Bros untuk NES (Nintendo Entertaintment System) yang masih tersegel berhasil terjual seharga USD144.000 atau setara Rp2,1 miliar. Terlepas dari itu, penjualan kaset daur ulang seharga ratusan juta ini tetap unik.

Baca juga: Rayakan 35 Tahun Super Mario Bros, Nintendo Rilis Game Khusus 

Kaset Prarilis game Super Mario 3. (Foto: Heritage Auctions/ha.com)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini