Bulan Depan Virgin Galactic Lakukan Penerbangan Luar Angkasa Suborbital

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 16 2278193 bulan-depan-virgin-galactic-lakukan-penerbangan-luar-angkasa-suborbital-o9QrLLIH1R.jpg Pesawat Virgin Galactic di luar angkasa. (Foto: Virgin Galactic/Space)

PESAWAT Virgin Galactic akan kembali terbang ke luar angkasa pada 22 Oktober 2020. Rencana ini direalisasikan jika semua berjalan sesuai rencana.

Kendaraan SpaceShipTwo terbaru dari perusahaan pariwisata luar angkasa yang dikenal sebagai VSS Unity itu telah melakukan dua penerbangan uji awak ke ruang angkasa suborbital. Pertama pada Desember 2018 dan kedua Februari 2019.

Baca juga: Virgin Galactic Akan Uji Terbang Pertama Membawa 2 Pilot 

Sekarang Virgin Galactic sedang memperisapkan penerbangan luar angkasa suborbital berikutnya. Penerbangan ini akan menjadi yang pertama dari dua penerbangan yang direncanakan oleh perusahaan pariwisata luar angkasa untuk menyelesaikan pengujian sistem pesawat luar angkasa SpaceShipTwo.

Dikutip dari Space, Selasa (15/9/2020), pihak Virgin Galatic menyatakan uji coba ke luar angkasa ini akan membawa empat "spesialis misi" dalam kabin. Jika kedua uji terbang berhasil, Virgin Galactic berharap dapat menerbangkan sang pendiri perusahaan yakni Sir Richard Branson pada kuartal pertama 2021.

Baca juga: Meluncur 2023, Virgin Galactic Bawa Penumpang Setiap 32 Jam 

Seorang juru bicara Virgin menambahkan bahwa tanggal 22 Oktober dimaksudkan untuk menandai dimulainya jendela penerbangan, jadi ada kemungkinan penerbangan segera dilakukan setelah itu.

Virgin juga merencanakan penerbangan uji empat jam pesawat pengangkut SpaceShipTwo, WhiteKnightTwo, pada 1 Oktober dan 7 Oktober. Penerbangan luar angkasa berikutnya akan menjadi yang pertama terbang dari pusat komersial Virgin Galactic di Spaceport America di New Mexico.

Virgin Galactic sendiri didirikan pada 2004 dengan tujuan membawa wisatawan ke luar angkasa menggunakan pesawat ruang angkasa penerus SpaceShipTwo.

Awalnya perusahan akan terbang dalam beberapa tahun ini, namun beberapa penundaan terjadi, termasuk karena kecelakaan uji terbang pada 2014 yang menewaskan satu pilot.

Baca juga: Ini Penampakan Bandara Penerbangan Luar Angkasa Milik Virgin Galactic 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini