Yuk Cegah Penularan Covid-19 dengan Rajin Bersihkan Ponsel

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 16 2278731 yuk-cegah-penularan-covid-19-dengan-rajin-bersihkan-ponsel-HAaI3fkaN5.jpg (Foto: Themobileindian)

JAKARTA - Charles Gerba, Ph.D., seorang profesor epidemiologi dan bio-statistik di Departemen Ilmu Lingkungan di Universitas Arizona mengungkapkan bahwa virus bisa bertahan di permukaan keras. Virus itu bisa bertahan mulai dari beberapa jam hingga beberapa minggu.

Berdasarkan laporan Reuters, virus Covid-19 bisa hidup di permukaan selama beberapa hari. Berdasarkan penelitian, Gerba mengatakan virus dan bakteri dapat ditransfer dari telepon ke tangan Anda dan kemudian kembali ke permukaan baru di rumah dan kantor Anda.

Dengan demikian, rajin membersihkan ponsel bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dilansir dari Good House Keeping, berikut ini langkah-langkah membersihkan smartphone agar tetap aman tanpa merusaknya.

1. Lepaskan phone case Anda dan matikan perangkat.

2. Bersihkan dengan kain microfiber, lap bagian luar ponsel Anda dengan lembut. Microfiber dapat membersihkan lebih baik daripada handuk, karena serat memiliki area permukaan yang lebih besar untuk menjebak kotoran dan mereka menyerap minyak dengan baik.

3. Selanjutnya, ambil lap disinfektan. Jika lap terlalu basah sebaiknya peras terlebih dahulu, dan usap perlahan setiap permukaan ponsel dengan menghindari port.

4. Biarkan smartphone Anda mengering selama minimum 5 menit.

5. Ambil handuk kertas bersih atau kain mikrofiber. Ini berguna untuk membersihkan kelembaban yang tersisa.

6. Akhirnya smartphone Anda akan kembali bersih, lakukan proses yang sama dengan case ponsel Anda.

 Rajin membersihkan ponsel bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini