Ini Pelajaran Hidup yang Didapat Bill Gates dari Sosok Ayahnya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 01:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 16 2279003 ini-pelajaran-hidup-yang-didapat-bill-gates-dari-sosok-ayahnya-qcmxhgiHNl.jpg Bill Gates Jr. (Foto: Shutterstock)

WILLIAM Henry Gates II, ayah dari pendiri Microsoft Bill Gates Junior, meninggal dunia pada Senin 14 September 2020. Ia wafat dalam usia 94 tahun. Bill Gates Senior berpulang di rumah pantainya di Hood Canal, Seattle, Amerika Serikat. Dia meninggal dengan damai karena dikelilingi oleh keluarganya.

Mengutip dari NDTV, Kamis (17/9/2020), Bill Gates Sr meninggal setelah menderita penyakit alzheimer. Demikian penjelasan pihak keluarganya dalam sebuah pengumuman pada hari Selasa kemarin.

Baca juga: Sang Ayah Meninggal, Bill Gates Ungkap Jasanya Terhadap Microsoft 

Bill Gates Jr menyatakan sangat kehilangan sosok ayahnya tersebut yang memberikan banyak pelajaran hidup. Ia bahkan mengatakan sang ayah adalah Bill Gates yang "sesungguhnya".

"Ayah saya adalah Bill Gates yang 'sesungguhnya'. Dia adalah segalanya untuk saya, dan saya akan merindukannya setiap hari," ungkap Bill Gates melalui akun Twitter-nya @BillGates.

William Henry Gates II. (Foto: Gatesnotes.com)

Menurut laporan New York Times, Bill Gates Sr memberikan peran penting dalam mendirikan filantropi terbesar di dunia, Bill and Melinda Gates Foundation.

"Pengaruh ayah saya pada filantropi kami sama besarnya. Sepanjang masa kanak-kanak saya, dia dan ibu saya mengajari saya dengan teladan seperti apa kedermawanan dalam cara mereka menggunakan waktu dan sumber daya mereka," kata Bill Gates dalam pernyataan resminya di Gatesnotes.com.

Baca juga: Kabar Duka, Ayah Bill Gates Meninggal Dunia di Usia 94 Tahun 

Bill Gates Jr menceritakan, pada tahun 1994, ayahnya berusia 69 tahun dan berencana pensiun dari profesinya sebagai pengacara besar.

Lalu pada suatu malam di musim gugur, Bill Gates Sr beserta putranya Bill Gates Jr dan istrinya Melinda pergi menonton film. Berdiri di antrean loket tiket, Bill Gates Jr memberi tahu ayahnya bahwa dia dibanjiri permohonan amal, tetapi sulit melakukannya, karena terlalu sibuk menjalankan perusahaan raksasa teknologinya Microsoft.

Baca juga: Bill Gates Habiskan Rp2,2 triliun agar Vaksin Covid-19 Jadi Murah 

"Yayasan Bill and Melinda Gates tidak akan seperti sekarang tanpa ayah saya. Lebih dari siapa pun, dia membentuk nilai-nilai yayasan. Dia kolaboratif, bijaksana, dan serius dalam belajar. Dia bermartabat tetapi membenci apa pun yang tampaknya megah," ungkap Bill Gates Jr.

Selain putranya, Bill Gates Sr meninggalkan istrinya; putrinya Kristianne Blake atau dikenal Kristi; dan Elizabeth MacPhee yang dikenal Libby; serta delapan cucu.

Baca juga: Bill Gates: Pandemi Virus Corona Berakhir pada Akhir 2021 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini