7 Fitur Menarik yang Perlu Diketahui dari iOS 14

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 16 2279259 7-fitur-menarik-yang-perlu-diketahui-dari-ios-14-n3FPBHBaTW.jpg Perusahaan teknologi Apple pembuat iOS 14. (Foto: Zhiyue Xu/Unsplash)

SETELAH tiga bulan melakukan uji coba beta, kini Apple resmi merilis sistem perangkat lunak iOS 14 untuk pengguna iPhone. Versi ini dirilis untuk pengguna iPhone 6s atau yang lebih baru.

Sebagaimana dirangkum dari situs resmi Apple, Kamis (17/9/2020), berikut ini tujuh fitur baru iOS 14 untuk iPhone yang perlu kamu ketahui:

1. Home Screen

Pertama, kini widget menghadirkan fitur "Smart Stack of Widgets". Dengan itu, pengguna iOS 14 dapat mengatur tampilan sesuai waktu, lokasi, dan aktivitas. Melansir 9to5mac, ini juga termasuk memasang aplikasi utama maupun aplikasi pihak ketiga pada widget.

Kedua, kini iPhone akan memiliki App Library baru. Dengan itu tampilan layar dapat lebih rapi dan mudah dinavigasi. Ini serupa folder pada Android. Pengguna juga dapat menyembunyikan Home Screen untuk akses cepat.

Baca juga: Ini Cara Mendapatkan iOS 14 di iPhone 

2. App Clips

Berbicara soal aplikasi, pengguan iOS 14 memiliki akses kerja aplikasi tanpa harus mengunduhnya secara utuh. Dalam artian, pengguna dapat mengunduh bagian tertentu dalam aplikasi terkait sesuai tugas yang dibutuhkan ponsel. Ini dapat diakses melalui kode App Clips, FNC, QR Code, pesan, dan Safari.

3. Messages

Kini pengguna dapat menyematkan percakapan pilihan di bagian atas daftar pesan, membaca obrolan grup melalui mention dan inline chat, serta dapat mengatur foto grup dengan foto maupun memoji yang dapat disesuaikan.

Baca juga: Apple Resmi Merilis iOS 14 

4. Picture-in-Picture

Dilaporkan 9to5mac, fitur ini sebelumnya hadir di iPadOS, dan kini resmi hadir untuk iOS. Melalui ini pengguna dapat mengakses aplikasi lain sembari melalukan panggilan Face Time menggunakan video. Secara otomatis, nantinya tampilan akan mengecil dan tersimpan sudut layar.

5. Maps

Fitur Maps kini telah diperbarui untuk memudahkan navigasi dengan sistem penunjuk arah baru dan panduan yang dikurasi. Dengan Maps mendukung navigasi untuk sepedah dan kendaraan listrik, termasuk wilayah isi daya.

Baca juga: Apple Revisi Pedoman Pengembang Game di App Store 

6. Privacy

Satu fitur yang sudah menjadi perbincangan adalah privasi. Kini pengguna dapat mengatur bagaimana mereka membagikan data dengan pengembang aplikasi. Namun akses privasi yang diperbaharui baru benar-benar berfungsi awal tahun depan dengan panduan dari tiap pengembangn rilis akhir tahun ini.

7. Pengalaman Airpods

Melalui iOS 14, kini pengguna Airpods akan mendapatkan pengalaman baru. Airpods dan Airpods Pro akan memiliki fitur peralihan perangkat otomatis antara iPhone, iPad, dan Mac. Namun khusus versi Pro, iOS 14 menghadirkan audio spasial yang memungkinkan pengalaman seperti teater dan lebih imersif.

Baca juga: Apple Menunda Fitur Privasi Baru di iOS 14, Ini Alasannya 

Selain ketujuh fitur tersebut, iOS 14 juga menghadirkan fitur Translate baru untuk percakapan suara dan teks. Ini mendukung 11 bahasa berbeda, namun Apple tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Ada juga Siri yang kini dapat menjawab pertanyaan yang lebih kompleks. Kemudian fitur kesehatan yang telah diperbarui dengan “manage sleep” dan “health check” baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini