Facebook Akan Tutup Grup yang Sebar Hoax dan Konspirasi

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Jum'at 18 September 2020 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 16 2279881 facebook-akan-tutup-grup-yang-sebar-hoax-dan-konspirasi-iY4gAPovyX.jpg Ilustrasi Facebook. (Foto: Freepik)

FACEBOOK menambahkan aturan baru untuk memperlambat penyebaran informasi yang salah dan konten berbahaya pada fitur grup. Mulai sekarang grup akan dihapus jika melanggar kebijakan Facebook. Lalu anggota dan administratornya untuk sementara tidak dapat membuat grup baru.

Sedangkan jika grup tidak memiliki adminstrator maka akan diarsipkan. Kemudian Facebook tidak akan menyertakan grup yang berhubungan dengan kesehatan dalam rekomendasinya.

Baca juga: Game Assassin's Creed dan Splinter Cell Akan Hadir dalam Versi VR 

Mengutip dari The Verge, Jumat (18/9/2020), grup Facebook akan dianggap salah jika menyebarkan informasi yang salah (hoax) dan konspirasi, terutama ketika algoritme Facebook mendeteksinya.

Dalam aturan terbaru, Facebook memperluas upaya pengawasan, misalnya larangan kepada admin untuk membuat grup baru yang mirip dengan grup konspirasi sebelumnya.

Beberapa kebijakan baru tersebut mendorong administrasi kelompok yang lebih aktif. Jika administrator mundur, mereka dapat mengundang anggota untuk menggantikannya. Jika tidak ada, Facebook akan mengusulkan admin kepada anggota. Bila gagal, grup bakal diarsipkan.

Baca juga: Facebook Perluas Ruang bagi Pembuat Efek AR di Messenger dan Portal 

Sedangkan untuk anggota grup yang melakukan pelanggaran standar komunitas, lalu moderator menyetujui semua unggahan mereka selama 30 hari, dan dilakukan berulang kali, maka grup Facebook tersebut akan dihapus.

Sebelumnya, mereka juga sudah coba membatasi penyebaran konten anti-vaksinasi dan misinformasi virus corona melalui metode lain, termasuk menambahkan informasi kontekstual ke unggahan yang membahas covid-19 dan memasang spanduk di halaman terkait vaksinasi.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini