Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memulai Video Konferensi

Sindonews, Jurnalis · Senin 21 September 2020 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 16 2281224 perhatikan-5-hal-ini-sebelum-memulai-video-konferensi-K8WwYRaFPh.jpg (Foto: Point Geek)

JAKARTA - Sebagian karyawan saat ini menjalani work from home (WFH). Hal ini merupakan salah satu pencegahan penyebaran virus corona.

Saat WFH, Anda mungkin mengandalkan beberapa aplikasi atau layanan video konferensi. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, komunikasi di antara rekan kerja atau rekan bisnis akan tetap terjaga.

Dikutip Sindonews, sebagian besar perusahaan memiliki standar telekonferensi sendiri dan cenderung menggunakan platform seperti Skype, Google Hangouts, Zoom, atau Microsoft Teams.

Berikut ini beberapa tips dari Kaspersky ketika membuat panggilan video agar dapat berjalan lancar.

Pastikan kecepatan koneksi yang baik

Terkadang kita lupa beberapa perangkat rumah yang terhubung ke internet memakan bandwidth yang besar. Kemudian Anda kaget ketika suara serta kualitas gambar menjadi kacau saat melakukan presentasi.

Sebelum memulai konferensi video, pastikan untuk memberhentikan pesaing bandwidth dari jaringan Anda. Misalnya, tablet anak yang memutar video 4K, pembaruan Windows dan unduhan permainan.

Bersiap untuk konferensi video

Jangan terhubung pada detik-detik terakhir karena saat itu bisa saja Anda menemukan gangguan teknis seperti misalnya fitur kamera yang membutuhkan pembaruan driver agar berfungsi semestinya.

Berinisiatif untuk masuk terlebih dahulu, periksa apakah semuanya berjalan dengan baik, dan jika Anda menemukan masalah, selesaikanlah sesegera mungkin agar terhindar dari rasa cemas.

Tidak ada salah nya memastikan perangkat yang digunakan seperti laptop atau smartphone baterainya terisi penuh sebelum panggilan dimulai.

 Sebagian karyawan saat ini menjalani work from home (WFH).

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Tampil dengan rapi

Saat konferensi video, pastikan Anda mengenakan pakaian yang layak, tidak berbaring di sofa selama pertemuan, dan jangan bermain game saat rekan kerja sedang berbicara.

Agar aman cukup berperilaku dan berpenampilan seperti yang Anda lakukan saat pertemuan tatap muka.

Beberapa layanan konferensi video memungkinkan pengguna menyembunyikan area latar dan menggantinya dengan latar belakang virtual.

Misalnya Skype dan Team dapat mengaburkan latar belakang, sementara Zoom bisa menggantinya dengan air terjun, gletser dan foto-foto lain yang ingin digunakan,

Namun, ada yang perlu dipertimbangkan yakni latar belakang virtual dapat berdampak pada kecepatan, terutama jika komputer Anda tidak terlalu kuat.

Matikan mikrofon adalah hal utama

Ingatlah untuk mematikan mikrofon ketika Anda tidak berbicara dengan partisipan lainnya. Suara bising dari latar belakang akan membuat konsentrasi menjadi sulit.

Cari tahu mengenai pengaturan dan fitur

Jika tidak terbiasa dengan aplikasi yang digunakan untuk panggilan, dan Anda harus mengatur konferensi, luangkan waktu untuk mempelajari pengaturan aplikasi.

Dalam Zoom, misalnya, pengaturan default memungkinkan para partisipan untuk berbagi layar mereka tanpa izin dari penyelenggara. Jika tidak ingin panggilan konferensi terganggu, segera nonaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini