Google Doodle Hari Ini Tampilkan Seniman Betawi Benyamin Sueb

Hantoro, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 08:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 16 2281613 google-doodle-hari-ini-tampilkan-seniman-betawi-benyamin-sueb-wbFW0QJ9XD.png Google Doodle mengenang Benyamin Sueb. (Foto: Google.co.id)

ANIMASI Google Doodle pada hari ini menampilkan sosok mendiang Benyamin Sueb. Pemilihan ini sebagai langkah mengenang tokoh seniman Betawi tersebut. Tampilan Doodle sendiri memperlihatkan wajah Bang Ben –sapaan akrab Benyamin Sueb– bersama pita rol film, kompor minyak tanah, terompet, dan ondel-ondel. Semuanya dirangkai hingga menjadi kata Google.

Dikutip dari situs resmi Google, Selasa (22/9/2020), pemilihan Google Doodle mengenang Benyamin Sueb karena pada hari ini di tahun 2018, DKI Jakarta meresmikan Taman Benyamin Sueb di Jalan Jatinegara Timur, RT 04 RW 03, Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur 13410.

Baca juga: Google Doodle Kampanyekan Masker dan Physical Distancing 

Ini merupakan sebuah pusat budaya yang didedikasikan untuk menjunjung tinggi warisan budaya Betawi yang sangat dicurahkan Benyamin Sueb semasa hidupnya.

Ilustrasi Google Doodle mengenang Benyamin Sueb dibuat seniman asli Indonesia Isa Indra Permana. Ia memperingati aktor ikonik Indonesia, komedian, penyanyi, penulis lagu, penulis, sutradara, dan produser Benyamin Sueb yang memperjuangkan Jakarta, budaya Betawi Indonesia, sebagai bintang lebih dari 50 film dan komposer lebih dari 300 lagu asli.

Benyamin Sueb sendiri lahir pada 5 Maret 1939 di Jakarta. Dia pertama kali memasuki dunia musik pada tahun 1950-an sebagai anggota dari "Melody Boys", sebuah band yang menarik berbagai pengaruh internasional.

Baca juga: Google Doodle Tampilkan Tema Hari Kemerdekaan Indonesia 

Benyamin Sueb kemudian mengandalkan idiom musik Betawi yang lebih tradisional untuk menulis lagu hits, termasuk "Nonton Bioskop" dan "Hujan Grimis". Ia juga membantu merevitalisasi gaya gambang kromong melalui lagu-lagu kesayangan seperti "Ondel-Ondel".

Karier akting Benyamin Sueb dimulai pada awal tahun 1970-an. Melalui lensa film komedi yang sering bercanda, dia digambarkan sebagai budayawan Betawi.

Benyamin Sueb mendapat pujian untuk peran dalam film seperti "Intan Berduri (1972)" dan "Si Doel Anak Modern (1976)". Keduanya membuat dia mendapat penghargaan Aktor Terbaik Piala Citra.

Pada 1990, Benyamin mendirikan Bens Radio, satu-satunya stasiun radio di Indonesia yang didedikasikan untuk budaya Betawi, dan terus memainkan karya Benyamin Sueb hingga hari ini.

Baca juga: Google Kampanyekan Penggunaan Masker via Doodle 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini