Samsung Resmi Umumkan Galaxy Z Fold 2, Intip Spesifikasinya

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 16 2281728 samsung-resmi-umumkan-galaxy-z-fold-2-intip-spesifikasinya-cWgxiW9YbZ.jpg Samsung Galaxy Fold. (Foto: TechRadar)

MENYUSUL presentasi virtual dari "Galaxy Unpacked Part 2" pada awal bulan ini, Samsung resmi menghadirkan ponsel lipat terbaru untuk pasar Indonesia, yakni Galaxy Z Fold 2. Ini merupakan seri generasi ketiga dari rangkaian ponsel lipat milik Samsung dengan konsep "Luxury Tech".

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (22/9/2020), Galaxy Z Fold 2 hadir dengan beberapa pembaruan yang lebih canggih dibandingkan seri sebelumnya. Dilengkapi Chipset Qualcomm Snapdragon 865+ yang baru dirilis Juli lalu untuk ponsel gaming 5G. Layar depannya dilengkapi Gorilla Glass Victus.

Baca juga: Layar Motorola Razr Lebih Kuat Dibanding Samsung Galaxy Fold? 

Layar lebih besar dan Edge-to-Edge. Cover Screen merupakan layar Super AMOLED Infinity-O berukuran 6,2 inci dan mendukung resolusi 816 x 2260 piksel (25: 9). Layar utama (dalam) tipe Dynamic AMOLED 7,6 inci yang mendukung refresh rate 120Hz dengan resolusi 1768 x 2208 piksel (kepadatan 373 ppi).

Layar Galaxy Z Fold 2 juga mendukung fitur "app continuity" dari luar ke dalam dan sebaliknya. Dengan itu, pengguna akan mendapat berbagai angle, baik quick viewing (cover screen), hands-free view (setengah layar menjadi penyangga), maupun full viewing. Hanya saja sistem dari dalam bekerja sesuai perizinan aplikasi untuk mencegah ponsel selalu menyala.

Baca juga: Samsung Pecahkan Masalah Smartphone Layar Lipat Galaxy Fold 

Sementara hands-free view juga berfungsi membantu menggunakan kamera tanpa tripod. Samsung mengklaim ponsel ini memiliki kualitas kamera secanggih seri S20. Hanya saja videonya sudah mendukung resolusi 4K dan pengguna tidak perlu bolak-balik gallery untuk preview hasil tangkapan kamera.

Pada dasarnya Galaxy Z Fold 2 didesain untuk melakukan berbagai perkejaan atau multitasking. Ini lengkap dengan fitur "intuitive multiwindows" yang dapat memunculkan tiga aplikasi secara bersamaan. Pengguna dapat mengubah layout sesuka hati dan sistem perintah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dilakukan secara drag-n-drop.

Ponsel juga sudah didukung Android OS 10 dan RAM LPDDR5 12 GB. Namun sayangnya, pasar Indonesia hanya akan mendapat satu pilihan memori internal sebesar 256GB. Meski begitu, seri tersebut menggunakan baterai sebesar 4500mAh dengan kemampuan superfast-charging 25watt. Ini setidaknya dapat memakan waktu isi satu jam dan daya pakai yang tahan lama.

Sebagai ponsel lipat, engsel dari Galaxy Z Fold 2 dilengkapi sweeper yang akan membantu membersihkan kotoran yang masuk ke celah. Kemudian ada anti-corotion, sayangnya belum tahan air secara keseluruhan, namun diklaim dapat menangkal percikan air dan debu-debu halus.

Baca juga: Ini Cara Samsung Menguji Kekuatan Fitur Lipat Galaxy Fold 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini