Qualcomm Snapdragon 750G 5G Dorong Kemampuan Ponsel Gaming

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 16 2282404 qualcomm-snapdragon-750g-5g-dorong-kemampuan-ponsel-gaming-ZUSPFEyz8x.png Qualcomm Snapdragon 750G 5G. (Foto: Qualcomm.com)

MELALUI unggahan dalam laman resminya pada Selasa kemarin, Qualcomm memperkenalkan Chipset Snapdragon terbaru dari jajaran Seri-7. Dinamai Snapdragon 750G 5G, chipset tersebut diklaim sebagai Elite Gaming yang mampu mendukung performa HDR dan teknologi AI. Ini merupakan versi upgrade dari Chipset 730G yang diperkenalkan tahun lalu.

"Kami terus melihat daya tarik yang luar biasa dengan platform seluler Snapdragon Seri-7 5G tingkat tinggi kami," ucap Kedar Kondap, wakil presiden manajemen produk Qualcomm Technologies Inc, sebagaimana dikutip dari Qualcomm.com, Rabu (23/9/2020).

"Kami selalu mencari cara untuk mendukung kebutuhan pelanggan OEM kami yang terus berkembang. Snapdragon 750G menghadirkan pilihan fitur seluler premium kepada pengguna yang lebih luas," tambahnya.

Baca juga: Vivo Siapkan Ponsel dengan Snapdragon dan RAM 8 GB? 

Chipset 750G 5G dilengkapi Sistem Qualcomm Snapdragon X52 5G Modem-RF. Sistem itu diklaim mendukung mode mmWave dan Sub-6Ghz untuk roaming global serta multi-SIM dengan koneksi multi-gigabit.

Chipset ini juga dilengkapi generasi kelima dari AI Engine milik Qualcomm Snapdragon. Gunanya untuk meningkatkan pengalaman gaming yang lebih berkualitas.

Tidak hanya itu, Chipset Snapdragon 750G 5G juga menggunakan GPU yang lebih baru dengan Adreno 619. Ini mendukung rendering grafis 10 persen lebih cepat.

Baca juga: Qualcomm Umumkan Tiga Chipset 4G Terbaru, Ini Fiturnya 

CPU-nya juga diperbaharui dengan menggunakan Octa-Core Kyro 570 yang memberikan peningkatan kinerja 20 persen dibandingkan Chipset 730G. Sebagai perbandingan, Chipset 730G menggunakan Octa-Core Kyro 470.

Secara keseluruhan, Chipset 750G 5G tidak hanya meningkatkan performa gaming dalam hal grafis, tapi juga menghadirkan komunikasi gaming yang lebih baik dengan sistem Sensing Hub. Melalui hal itu, perangkat dapat meredam gema dan suara latar belakang untuk komunikasi tanpa gangguan saat bermain.

Chipset 750G 5G dijadwalkan hadir akhir tahun ini bersama perangkat baru yang akan dirilis. Sejauh ini Qualcomm menyatakan bahwa sudah ada 257 desain yang akan menggunakan seri chipset terbaru tersebut. Sebanyak 140 di antaranya merupakan ponsel 5G, dan Xiaomi akan menjadi salah satu perusahaan yang bekerja sama untuk itu.

Baca juga: Snapdragon 865 Janjikan Perfoma Gaming hingga Refresh Rate 144Hz 

"Xiaomi berkomitmen mengembangkan perangkat mutakhir untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus meningkat untuk 5G," kata Quanxin Wang, manajer umum produk dan teknologi Xiaomi International, dalam pernyataannya.

"Kami bangga bekerja sama dengan Qualcomm Technologies untuk meluncurkan smartphone komersial pertama berdasarkan Snapdragon 750G terbaru kepada konsumen," lanjutnya.

Baca juga: Qualcomm Luncurkan Snapdragon XR2 5G untuk Perangkat AR 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini