Sering Lihat Monitor? Ikuti Tips Ini Supaya Mata Tidak Mudah Lelah

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 00:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 16 2282590 sering-lihat-monitor-ikuti-tips-ini-supaya-mata-tidak-mudah-lelah-KdBxPLsKIv.jpg Ilustrasi menatap monitor komputer. (Foto: Glenn Carstens-Peters/Unsplash)

ORANG-orang zaman sekarang hampir selalu menggunakan perangkat komputer dalam setiap aktivitasnya. Demikian juga dengan ponsel pintar atau smartphone. Sebab semua informasi mereka ada di sana. Terlebih lagi di masa pandemi virus corona (covid-19) seperti sekarang, pekerjaan atau belajar-mengajar disarankan dilakukan dari rumah.

Namun ternyata ada sejumlah efek yang dirasakan ketika terlalu sering menatap monitor komputer atau smartphone. Sebut saja mata menjadi cepat lelah, penglihatan kabur, mata kering, sakit kepala, hingga nyeri leher dan bahu.

Baca juga: Tips Mengamankan Data Pribadi Akun E-Commerce 

Guna mengatasi hal itu, perlu diterapkan sejumlah langkah pencegahan. Berikut ini tips supaya mata tidak cepat lelah ketika sering menatap monitor komputer atau smartphone, sebagaimana dilansir dari Logan Sport Memorial, Rabu (23/9/2020).

1. Kurangi durasi lihat layar monitor

Anda bisa mengurangi ketegangan mata dengan mengurangi waktu menatap monitor. Caranya mengikuti aturan 20/20/20/ atau setiap 20 menit berpaling dari monitor setidaknya selama 20 detik.

Ketika berpaling dari layar monitor, fokuslah pada objek yang setidaknya berjarak 20 kaki. Anda harus berkonsentrasi untuk memfokuskan penglihatan pada objek itu. Anda juga disarankan beristirahat dengan banyak minum atau pergi ke toilet agar tidak terus-terusan menatap monitor.

2. Perbaiki cara menatap monitor

Beberapa perubahan cara menatap layar monitor dapat membantu meringankan stres mata. Anda disarankan memperbaiki postur tubuh, jangan bermain ponsel dengan posisi tidur atau menyalakannya saat gelap. Pastikan menggunakan jarak tampilan optimal (20–28 inci), dan mengurangi kecerahan layar yang berlebih.

Baca juga: Cara Menggunakan Panggilan Video Google Duo di Website 

3. Pakai kacamata antiradiasi

Menggunakan kacamata antiradiasi dapat membantu menjaga kesehatan mata. Pasalnya, kacamata ini memiliki lensa yang mengurangi silau dan membantu Anda fokus.

4. Gunakan obat tetes mata

Ketika mata gatal atau pegal, mungkin karena dalam kondisi kering. Pakai obat tetes mata untuk meredakan keadaan kering tersebut. Penggunaan obat tetes mata secara teratur bisa membantu menjaga mata tetap lembap dan mudah fokus.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini