Ini Partikel Terkecil di Dunia seperti Dijelaskan Alquran dan Sains

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 05:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 16 2282778 ini-partikel-terkecil-di-dunia-seperti-dijelaskan-alquran-dan-sains-pEwxBegPTO.jpg Ilustrasi atom. (Foto: Unsplash)

ATOM diyakini sebagai partikel terkecil yang ada di bumi ini. Atom sendiri merupakan satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral.

Sementara sejak zaman dahulu dikenal adanya Teori Atom atau Atomisme. Teori ini dicetuskan oleh seorang Yunani bernama Democritus yang hidup sekira 23 abad lalu.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Manusia Punya Sistem Pendingin Tubuh 

Sebagaimana dikutip dari Buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan, dijelaskan bahwa Democritus dan orang-orang setelahnya percaya unit terkecil dari sebuah materi adalah atom.

Hal itu pun dipercayai orang-orang Arab terdahulu. Dalam bahasa Arab, atom diartikan secara umum sebagai dharrah. Namun, kemudian ilmu pengetahuan modern menemukan fakta bahwa sangat mungkin atom untuk dibagi lagi.

Perkembangan ilmu pengetahuan pada abad ke-20 membuktikan bahwa ternyata atom masih bisa dibagi lagi menjadi partikel yang lebih kecil. Konsep ini sebenarnya sudah muncul pada 14 abad yang lalu, termasuk bagi orang-orang Arab.

Baca juga: Indra Manusia Miliki Keterbatasan Dijelaskan dalam Alquran dan Sains 

Bagi mereka, kata dharrah yang sebelumnya dipercaya sebagai batas partikel terkecil, ditolak oleh sebuah ayat Alquran.

"Dan orang-orang yang kafir berkata: 'Hari berbangkit itu tidak akan datang kepada kami.' Katakanlah: 'Pasti datang, demi Tuhanku Yang Mengetahui yang ghaib, sesungguhnya kiamat itu pasti akan datang kepadamu. Tidak ada tersembunyi daripada-Nya sebesar zarrah pun yang ada di langit dan yang ada di Bumi dan tidak ada (pula) yang lebih kecil dari itu dan yang lebih besar, melainkan tersebut dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)." (QS Saba: 3).

Ayat tersebut mengungkap pengetahuan yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala meliputi semuanya, baik yang tersembunyi maupun yang terlihat jelas. Allah Maha Mengetahui, termasuk apa pun yang lebih kecil maupun yang lebih besar dari atom.

Ayat itu juga menunjukkan bahwa ada sesuatu yang lebih kecil dari atom. Di kemudian hari ilmu pengetahuan modern terbukti menemukannya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains Jelaskan Tanah Miliki Karakter Beragam 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini