Cara Bersihkan Keyboard Laptop Cegah Penyebaran Covid-19

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 16 2283072 cara-bersihkan-keyboard-laptop-cegah-penyebaran-covid-19-CWNXplGbZU.jpg Ilustrasi (Foto: How to Clean Things)

JAKARTA - Sebagian karyawan tengah menjalani work from home (WFH). Meskipun di rumah, Anda tetap harus menjaga kebersihan perangkat, termasuk keyboard laptop.

Dengan membersihkan keyboard laptop, ini diharapkan dapat mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Seperti diketahui, virus bisa menempel pada benda atau permukaan melalui percikan dari hidung atau mulut saat seseorang berbicara, batuk atau bersin.

Bagi Anda yang tengah bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), laptop menjadi salah satu perangkat yang mungkin tidak lepas dari Anda. Meskipun di rumah saja, resiko keyboard laptop terkena debu pasti tetap ada.

Belum lagi kemungkinan kotoran yang masuk ke sela-sela keyboard laptop Anda. Jika tidak dibersihkan, kotoran dikhawatirkan akan membuat keyboard Anda rusak.

 Dengan membersihkan keyboard laptop, ini diharapkan dapat mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Berikut tips membersihkan keyboard laptop Anda, seperti dilansir dari laman Ifixit.

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan:

- Alkohol isopropil 90% atau lebih tinggi atau cairan pembersih lainnya

- Kain mikrofiber

- Cotton bud

Cara Membersihkan Keyboard:

Langkah Pertama

Pertama-tama pastikan laptop Anda dalam keadaan mati dan tidak terhubung pada sambungan listrik.

Langkah Kedua

Buka laptop Anda dan pegang terbalik, sehingga keyboard Anda menghadap ke bawah. Jika susah Anda bisa meminta bantuan orang dirumah untuk membantu Anda memegang laptop dalam posisi terbalik.

Bersihkan dengan kain mikrofiber atau Anda juga bisa menggunakan alat udara terkompresi yang dijual dipasaran.

Jika Anda melihat ada sesuatu yang masih tersangkut di bawah tombol tertentu, coba miringkan laptop ke sudut yang berbeda untuk mengeluarkannya. Ketika kotoran membandel, coba basahi kain mikrofiber atau cotton bud dengan alkohol isopropil, dan mulailah menyeka.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini