Alquran dan Sains Ungkap Air Membentuk Sel-Sel Makhluk Hidup

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 16 2283393 alquran-dan-sains-ungkap-air-membentuk-sel-sel-makhluk-hidup-tvULgnHC6z.jpg Ilustrasi air. (Foto: Jong Marshes/Unsplash)

AIR merupakan senyawa yang sangat penting untuk semua makhluk hidup yang ada di Bumi. Air menutupi hampir 71 persen permukaan Bumi. Rumus kimia dari air adalah H2O yang setiap molekulnya mengandung satu oksigen dan dua atom hidrogen yang dihubungkan oleh ikatan kovalen.

Manfaat air bagi makhluk hidup sangat besar. Setiap makhluk hidup memerlukan air untuk perkembangannya.

Baca juga: Ini Partikel Terkecil di Dunia seperti Dijelaskan Alquran dan Sains 

Sebagaimana dijelaskan dalam Buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan, air memiliki peran penting dalam proses pembentukan sel yang merupakan satuan organisme terkecil makhluk hidup.

Kemajuan perkembangan ilmu sains modern saat ini menyebutkan bahwa dasar sebuah sel atau sitoplasma, 80 persen terdiri dari air.

Peneliti modern mengungkapkan 50–90 persen dari tubuh organisme terdiri dari air. Sebab di dalam tubuh tidak akan terjadi reaksi kimiawi jika tanpa air.

Air juga memiliki peran utama bagi organ-organ tubuh agar bekerja sesuai fungsinya. Ini hanya beberapa contoh dari banyak fakta mengenai fungsi air yang sangat vital bagi kehidupan.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Manusia Punya Sistem Pendingin Tubuh 

Dalam salah satu ayat di kitab suci Alquran mengungkap mengenai air hujan yang kemudian mampu menumbuhkan tumbuh-tumbuhan. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah Thaha Ayat 53:

"Yang telah menjadikan bagimu Bumi sebagai hamparan dan Yang telah menjadikan bagimu di Bumi itu jalan-jalan, dan menurunkan dari langit air hujan. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam." (QS Thaha: 53)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa tiap-tiap makhluk hidup berasal dari air. Ayat Alquran yang diturunkan sekira 14 abad lalu itu telah mengungkap fakta yang baru diketahui secara detail pada masa modern saat ini.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini