Twitter Klaim Sukses Hadirkan Fitur "Baca Sebelum Me-Retweet"

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 16 2283462 twitter-klaim-sukses-hadirkan-fitur-baca-sebelum-me-retweet-09KrqdTrtZ.jpg Ilustrasi Twitter. (Foto: Unsplash)

AWAL tahun ini Twitter meluncurkan semacam eksperimen. Di mana pada ponsel cerdas setiap kali pengguna ingin me-retweet tautan ke sebuah artikel, mereka diminta membuka tautannya dan membaca artikel tersebut terlebih dahulu.

Ini tidak wajib, tetapi gagasan di baliknya adalah bahwa Twitter ingin pengguna mendapatkan gagasan yang lebih baik tentang artikel tersebut sebelum memutuskan apakah mereka harus me-retweet-nya.

Baca juga: Twitter Sedang Uji Coba Fitur Baru Tweet Audio 

Dikutip dari Ubergizmo, Jumat (25/9/2020), pihak Twitter menyatakan tampaknya eksperimen ini berhasil. Mereka mengklaim bahwa selama masa percobaan, 40 persen lebih pengguna benar-benar mengeklik artikel dan membacanya.

Mereka juga melihat bahwa jumlah orang yang mengeklik artikel sebelum me-retweet meningkat 33 persen, dan beberapa orang akhirnya tidak me-retweet setelah membaca artikel tersebut.

Bagi mereka yang bertanya-tanya mengapa ini menjadi masalah besar, itu karena kadang-kadang beberapa sumber publikasi menulis judul "clickbait" yang dirancang untuk memancing pembaca.

Baca juga: Masalah Teknis, Hashtag Instagram Down Ramai di Twitter 

Hal ini dapat mengakibatkan orang-orang membagikan artikel dengan maksud yang salah hanya berdasarkan judul itu sendiri, meskipun konten sebenarnya mungkin menceritakan hal yang sedikit berbeda.

Hal ini dapat menyebabkan persebaran informasi yang salah atau kesalahpahaman dan sebenarnya tidak perlu. Berdasarkan keberhasilan percobaan itu, Twitter mengatakan bahwa mereka sekarang berupaya menghadirkan fitur tersebut kepada lebih banyak pengguna di masa mendatang.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini