Peneliti Temukan Fakta Spinosaurus adalah "Monster Sungai"

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 16 2283576 peneliti-temukan-fakta-spinosaurus-adalah-monster-sungai-YeKZC3vm8G.jpg Fosil Spinosaurus. (Foto: Wikipedia)

SPINOSAURUS, dinosaurus menakutkan dari film 'Jurassic Park III', adalah "monster sungai" yang sebenarnya. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang baru diterbitkan dalam jurnal ilmiah Cretaceous Research.

Penelitian mengamati 1.200 fosil gigi dari dinosaurus raksasa dan menemukan bahwa Spinosaurus adalah makhluk yang paling banyak ditemukan di sistem Sungai Kem Kem yang melintasi Gurun Sahara 100 juta tahun lalu.

Baca juga: Fosil Dinosaurus Herbivora Berusia 125 Juta Tahun Ditemukan di China 

"Dari penelitian ini kami dapat memastikan lokasi ini sebagai tempat di mana dinosaurus raksasa ini tidak hanya hidup, tetapi juga mati," kata rekan penulis studi dan profesor University of Portsmouth David Martill dalam sebuah pernyataannya, dikutip dari Fox News, Jumat (25/9/2020).

"Hasilnya sepenuhnya konsisten dengan gagasan tentang 'monster sungai' yang benar-benar tinggal di air," lanjut dia.

Sistem Sungai Kem Kem, menurut penulis utama studi tersebut Thomas Beevor, baru-baru ini digambarkan sebagai tempat paling berbahaya dalam sejarah Bumi dan dianggap sumber menakjubkan dari sisa-sisa Spinosaurus.

Baca juga: Ahli Paleontologi Berhasil Ciptakan Peta Interaktif Ratusan Juta Tahun Lalu 

"Mereka juga melestarikan sisa-sisa banyak makhluk Cretaceous lainnya, termasuk ikan gergaji, coelacanth, buaya, reptil terbang, dan dinosaurus darat lainnya," ungkap Beevor.

"Dengan gigi Spinosaurus yang begitu banyak, kemungkinan besar hewan ini hidup di dalam sungai daripada di sepanjang tepiannya," tambah dia.

Bersama dengan Spinosaurus, fosil dari tiga dinosaurus predator terbesar telah ditemukan di Kem Kem, yang terdiri dari sistem sungai yang sangat luas 100 juta tahun lalu. Ini termasuk Carcharodontosaurus bertaring tajam yang panjangnya lebih dari 26 kaki, dan raptor Deltadromeus yang panjangnya sekira 26 kaki.

Baca juga: Peneliti Pelajari Tengkorak Embrio Dinosaurus dari Argentina 

"Peningkatan kelimpahan gigi Spinosaurus, relatif terhadap dinosaurus lain, merupakan cerminan dari gaya hidup akuatik mereka," jelas Martill.

"Hewan yang sebagian besar hidupnya di air lebih mungkin menyumbangkan gigi ke sungai daripada dinosaurus yang mungkin hanya mengunjungi sungai untuk minum dan mencari makan di sepanjang tepiannya," tambahnya.

Baca juga: Ilmuwan Ini Temukan Tulang Dinosaurus saat Berlari di Tepi Pantai 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini