380 Paus Pilot Terdampar dan Mati di Australia, Terburuk dalam Sejarah

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 16 2283719 380-paus-pilot-terdampar-dan-mati-di-australia-terburuk-dalam-sejarah-RqtYPz7tSX.jpg Ratusan paus pilot terdampar di Pantai Macquarie Harbour, Tasmania, Australia. (Foto: Brodie Weeding/Tasmania Police/IFL Science)

SEBANYAK 480 paus pilot terdampar di sepanjang Pantai Macquarie Harbour, Tasmania, Australia. Itu menjadi peristiwa terbesar paus terdampar dalam sejarah di Negeri Kanguru.

Melansir IFL Science, Jumat (25/9/2020), 380 paus di antaranya mati. Para relawan dan petugas konservasi kemudian coba mengembalikan 88 paus pilot ke laut.

Baca juga: Beruang Kutub Utara Dapat Untung dari Penyusutan Es Laut, Kok Bisa? 

Kematian paus pilot ini menandai salah satu peristiwa terdampar massal terbesar yang tercatat secara global.

Dokter Hewan Nic Deka mendatangi tempat kejadian di Pelabuhan Macquarie untuk mengatasi paus-paus yang masih ada di pantai.

Ia telah mengoordinasikan penyelamatan dengan Tasmania Parks and Wildlife Service untuk mengambil serta mengeluarkan paus mati di gumuk pasir dan air laut.

Paus pilot sendiri bisa mencapai panjang 6,7 meter atau 22 kaki. Ini dapat menimbulkan bahaya navigasi yang signifikan bagi perahu di pelabuhan saat mereka membusuk dan mengapung di permukaan air. Dari paus yang masih hidup, hanya sedikit yang diharapkan bertahan hidup.

Baca juga: Studi Ungkap Mesin Pengering Tangan Bisa Menyebarkan Bakteri 

"Sulit untuk menilai mana yang hidup dan mati. Tapi kami memiliki sekira 20 paus yang menurut kami memiliki kekuatan untuk dilepaskan," ungkap Deka dalam wawancara dengan The Guardian.

Peristiwa terdamparnya paus ini melampaui rekor sebelumnya di Dunsbrough, Australia Barat, pada 1996. Ketika itu juga melibatkan paus pilot bersirip panjang sebanyak 320, dan hanya 20 yang bertahan hidup.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini