SpaceX Pamer Mesin "Menggelegar" Raptor Vacuum untuk Misi ke Luar Angkasa

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 26 September 2020 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 16 2284058 spacex-pamer-mesin-menggelegar-raptor-vacuum-untuk-misi-ke-luar-angkasa-HEDGEcfOcg.jpg Mesin Raptor Vacuum milik SpaceX. (Foto: Video screenshot/Amanda Kooser/Cnet)

SPACEX memamerkan mesin baru bernama Raptor Vacuum yang akan dipasangkan di pesawat luar angkasa miliknya. Mesin ini dirancang dan dioptimalkan untuk melakukan misi di orbit.

Mereka men-tweet beberapa rekaman ganas dari uji coba durasi penuh mesin Raptor Vacuum di Fasilitas Pengembangan Roket SpaceX di McGregor, Texas, Amerika Serikat, pada hari Kamis kemarin. Percobaan itu menunjukkan mesin yang "menggelegar".

Baca juga: Alquran dan Sains Jelaskan Alam Semesta Makin LuasĀ 

"Perhatikan baik-baik dan Anda akan melihat suar kecil sebelum mesin penuh menyala. Preburners menyala, lalu ruang utama," jelas CEO SpaceX Elon Musk melalui akun Twitter, sebagaimana dikutip Okezone, Sabtu (26/9/2020).

Mesin Raptor Vacuum dirancang untuk membawa Starship generasi berikutnya ke orbit. Namun, SpaceX melihat jauh di luar Bumi dan mengincar bulan, hingga akhirnya melakukan perjalanan ke Planet Mars. Ini akan membutuhkan beberapa mesin yang kuat untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Baca juga: Studi: Beri Makan Kucing Cukup Sekali SehariĀ 

SpaceX mengklaim mesin Raptor Vacuum berbeda dengan versi standarnya. Bisa dilihat dari perbedaan ukuran bagian berbentuk lonceng. Pesawat luar angkasa bisa mendapat dorongan maksimal dari versi terbaru ini.

Sementara uji coba mesin adalah momen paling spektakuler dalam pengembangan pesawat ruang angkasa. "Ledakan" mesin yang berapi-api terlihat di sini. Hal ini kerap dilakukan SpaceX sebelum menjalankan misi ke luar angkasa.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini