Teknologi VoLTE untuk 'Sensasi' Telefon dengan Kualitas HD Voice

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 28 September 2020 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 16 2284802 teknologi-volte-untuk-sensasi-telefon-dengan-kualitas-hd-voice-GyCtrqT4lr.jpg (Foto: Freepik)

JAKARTA - VoLTE atau Voice over LTE merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara di jaringan berbasis 4G-LTE. Dengan menggunakan teknologi VoLTE, pengguna akan dapat merasakan pengalaman menelefon dengan suara yang diklaim lebih jernih dengan kualitas “HD voice”.

Dengan layanan VoLTE ini, telefon dapat tersambung lebih cepat dibandingkan dengan layanan telepon tradisional umumnya yang kita kenal dengan circuit-switch dan pelanggan dapat beralih dari panggilan suara ke panggilan video ataupun sebaliknya dengan sangat mudah tanpa harus menutup telepon terlebih dahulu.

Melalui layanan VoLTE ini, pengguna bisa tetap dapat melakukan aktivitas lainnya seperti berselancar, streaming ataupun bermain game daring tanpa putus di saat ada panggilan masuk.

Teknologi VoLTE didukung oleh operator di Indonesia, salah satunya Indosat Ooredoo. Perusahaan telah merilis layanan VoLTE di lebih dari 30 kota di Indonesia.

“Kemudahan dalam menikmati layanan ini, akan membuat kegiatan mengobrol menjadi lebih menyenangkan terutama di masa pandemi Covid-19 saat masyarakat diminta tetap di rumah dan menjaga jarak," kata Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo, Ritesh Kumar Singh.

Pelanggan yang saat ini berada di kota jangkauan VoLTE Indosat Ooredoo, dapat menggunakan ponsel yang mendukung layanan VoLTE serta telah menggunakan kartu SIM 4G, dapat langsung menikmati layanan VoLTE tanpa perlu mendaftar paket tertentu maupun tambahan aplikasi.

 VoLTE atau Voice over LTE merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara di jaringan berbasis 4G-LTE.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Indosat Ooredoo bekerjasama dengan produsen smartphone seperti Huawei, Oppo, Samsung, Vivo, Xiaomi, serta chipset manufacture seperti Qualcomm dan MediaTek. Kolaborasi bersama ini bertujuan untuk memastikan perangkat yang telah mendukung teknologi VoLTE dapat bekerja dengan baik.

Tidak hanya Indosat Ooredoo, XL Axiata juga telah memperkenalkan layanan VoLTE. Untuk tahap awal saat ini, jaringan XL Axiata siap mendukung layanan VOLTE di wilayah Jakarta dan Medan. Selanjutnya, XL Axiata akan terus memperluas ke area lainnya seiring dengan penyiapan jaringan infrastruktur pendukungnya.

Untuk kesiapan jaringan mendukung layanan VoLTE ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core.

VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih. Selain itu, kecepatan sambung yang sangat singkat. Oleh karena itu, XL Axiata optimis layanan VoLTE akan bisa menjadi fitur layanan percakapan pilihan pelanggan.

Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh lebih dari 3.000 BTS 4G XL Axiata yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan. Saat ini XL Axiata sedang menyiapkan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini