Besok NASA Luncurkan Kargo ke ISS, Termasuk Toilet Canggih

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Senin 28 September 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 16 2284994 besok-nasa-luncurkan-kargo-ke-iss-termasuk-toilet-canggih-AG1BW0CxWm.jpg Ilustrasi stasiun luar angkasa. (Foto: NASA/Unsplash)

NASA dijadwalkan melakukan peluncuran pesawat kargo pribadi pada akhir bulan ini melalui misi Cygnus NG-14. Misi ini akan diluncurkan pada 29 September pukul 22.27 EDT dari Pelabuhan Antariksa Regional Atlantik Tengah di Fasilitas Penerbangan Wallops NASA di Virginia, Amerika Serikat. Ini akan menggunakan Roket Antares dan pesawat luar angkasa Cygnus Northrop Grumman.

Baca juga: Akibat Pandemi, Misi ke Bulan Saturnus Diundur hingga 2027 

Dalam misi ini rencananya NASA mengirimkan kargo berupa beberapa pasokan baru ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kargo ini akan digunakan untuk mendukung kru Ekspedisi 64 yang sudah berada di sana. Selain itu, misi ini juga akan digunakan untuk mendukung kru astronot dari SpaceX yang akan meluncur pada 23 Oktober.

"Umat manusia menghadapi banyak tantangan hari ini, dan saya bangga menjadi bagian dari komunitas yang menerima tantangan secara teratur yang mengubah masalah menjadi solusi dan peluang menjadi kenyataan," ucap David Brady, asisten ilmuwan program untuk Program ISS di NASA, sebagaimana dikutip dari Space, Senin (28/9/2020).

Memililiki masa total 3.458 kilogram, pesawat kargo akan memuat salah satu inovasi terbaru dari NASA. Ini merupakan toilet luar angkasa yang canggih dengan desain terbaru yang bernilai puluhan juta dolar AS.

Baca juga: Cari Air di Kutub Selatan Bulan, NASA Kerahkan Robot MoonRanger 

Toilet ini diklaim sebagai sistem pengelolaan sampah universal dan memiliki ukuran serta beban yang lebih ringan. Toilet dirancang lebih ramah untuk kru wanita.

Selain toilet, NASA juga mengirim beberapa pasokan makanan dan benda eksperimen. Ini termasuk percobaan Plant Habitat-02 yang merupakan uji coba menumbuhkan tanaman lobak.

Ada pula investigasi Onco Selectors untuk terapi kanker, sistem pemulihan air baru, hingga produk perawatan kulit dari Estée Lauder yang rencananya dipotret di luar angkasa.

Rencananya peluncurkan disiarkan langsung melalui beberapa saluran. Dapat juga ditonton di Space.com atau NASA TV pada pukul 22.00 EDT. Lalu di situs Ustream NASA Wallops pada pukul 17.30 EDT.

Baca juga: NASA Ungkap 7 Tahapan Misi Kembali ke Bulan pada 2024 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini