Unik, Nintendo Jadul Ini Diubah Jadi Pelacak Stasiun Luar Angkasa

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Senin 28 September 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 16 2285051 unik-nintendo-jadul-ini-diubah-jadi-pelacak-stasiun-luar-angkasa-IJD4fGB0X3.jpg Ilustrasi Nintendo dan stasiun luar angkasa. (Foto: Gamerant)

SEORANG pemrogram perangkat lunak sekaligus YouTuber, Vi Grey, mengubah perangkat Nintendo Entertainment System (NES) lawas menjadi alat pelacak luar angkasa. Alat ini dapat memperlihatkan lokasi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada orbit rendah Bumi secara real-time.

Grey mengungkapkan bahwa perangkat Nintendo pada dasarnya memiliki kemampuan komputer dan memuat prosesor yang juga digunakan dalam perangkat Apple II serta Commodore 64.

Baca juga: Game Kirby Fighters 2 Hadir di Nintendo Switch 

Memanfaatkan hal itu, ia memodifikasi perangkat keras Nintendo jadul dengan menambahkan beberapa komponen dan memberinya kemampuan GPS untuk melakukan pelacakan.

"NES adalah komputer dan sejujurnya salah satu komputer favorit saya untuk diprogram. Proyek ini, seperti banyak lainnya yang telah saya buat, adalah upaya untuk menunjukkan kepada orang-orang fakta itu. NES mungkin tidak berjalan secepat ponsel, tetapi masih sekira 40 kali lebih cepat daripada komputer yang digunakan untuk misi Apollo 11," ucap Grey, sebagaimana dikutip dari Nintendo Life, Senin (28/9/2020).

Baca juga: Produksi Nintendo 3DS Resmi Dihentikan, Ini Alasannya 

Gamerant melaporkan bahwa perangkat tersebut dilengkapi 32 papan yang dapat terhubung dengan konsol NES. Ia dapat mengirim data lokasi stasiun luar angkasa dari internet dalam 1 detik.

Data ini nantinya ditampilkan dalam game yang memuat peta Bumi dalam grafis semi-3D. Maka itu, ia juga menciptakan catridge khusus sebagai pelengkap.

Selain perangkat keras yang disesuaikan, Grey juga menggunakan sistem pemrograman untuk membuatnya berjalan. Di mana saat ini hal tersebut dapat berjalan pada emulator Mesen dan FCEUX dengan memanfaatkan skrip Lua pada Kode dan Binari (Repositori GitHub).

Sementara itu, kini Grey telah membagikan hasil proyeknya pada laman pribadinya vigrey.com. Tidak hanya menjelaskan, unggahan tersebut juga memungkinkan orang lain turut serta mencoba dan belajar dari proyek tersebut secara daring.

Baca juga: Nintendo Switch Dapat Dua Game Eksklusif Monster Hunter 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini