Facebook Ingin iOS Bisa Ubah Aplikasi Pesan Default

Hantoro, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 00:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 16 2285238 facebook-ingin-ios-bisa-ubah-aplikasi-pesan-default-CP2WLq5r6E.jpg Ilustrasi Apple iOS 14. (Foto: Mac World)

SALAH satu fitur baru yang diperkenalkan Apple melalui iOS 14 adalah kemampuan mengubah aplikasi default tertentu, seperti browser dan email. Namun menariknya, ada usulan dari Facebook yang mendorong Apple juga membuat perubahan lebih lanjut dengan mengizinkan aplikasi perpesanan default turut bisa diubah.

Jelas Facebook tidak melakukan ini demi pengguna iOS karena mereka tampaknya berharap Apple mengizinkan perubahan tersebut sehingga pengguna akan menggunakan Messenger sebagai aplikasi perpesanan default.

Baca juga: Facebook Hadirkan Fitur Hak Cipta Gambar, Termasuk di Instagram 

"Kami merasa orang harus dapat memilih aplikasi perpesanan yang berbeda dan default di ponsel mereka. Umumnya semuanya bergerak ke arah ini," jelas VP Facebook Stan Chudnovsky kepada The Information, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Selasa (29/9/2020).

Oleh karena itu, Facebook bertanya-tanya seberapa mungkin rencana ini bisa direalisasikan, atau apakah praktis untuk memulai. Ini karena ketika datang ke aplikasi perpesanan, pengguna memiliki aplikasi berbeda untuk tujuan yang berbeda.

Baca juga: Facebook Akan Tutup Grup yang Sebar Hoax dan Konspirasi 

Misalnya, beberapa orang mungkin memilih menggunakan Telegram untuk bekerja atau sekolah, atau WhatsApp untuk keluarga dan teman, atau WeChat saat terhubung dengan orang yang tinggal di China atau sebagian Asia.

Ini berarti bahwa mungkin belum tentu ada aplikasi perpesanan default untuk memulai. Namun, Facebook tidak akan terkejut jika ini adalah fitur yang dapat dibawa Apple ke iOS di masa mendatang, terutama berdasarkan apa yang dilihat, tampaknya Apple mulai mengizinkan penyesuaian mendalam di iOS.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini