Tips Atasi Mata Lelah Akibat Paparan Layar Monitor

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 16 2285709 tips-atasi-mata-lelah-akibat-paparan-layar-monitor-5BcjwV4VRB.jpg Ilustrasi (Foto: BT)

Mata bisa lelah apabila terus menerus menatap layar monitor. Mata lelah ditandai dengan beberapa gejala seperti mata kering hingga kehilangan fokus.

Ketika mata Anda lelah, tentu ini mengganggu produktivitas. Untuk mengatasi mata lelah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti dilansir Timesofindia.

Jauhkan mata dari komputer

Menatap layar komputer terlalu lama dapat membuat mata lelah. Karenanya, jauhkan mata dari paparan layar komputer setiap 20-30 menit sekali.

Cara ini dapat mengurangi mata kering, sakit kepala dan pandangan kabur akibat cahaya dari layar komputer. Atau Anda bisa mengatur jarak pandang antara mata dan layar komputer setidaknya 50-60 cm dan pastikan pencahayaan di ruangan cukup. Tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.

Minum banyak air

Konsumsi banyak air putih juga dapat menjaga kelembapan mata. Selain itu menghidrasi tubuh juga dapat mengembalikan konsentrasi yang mulai luntur jika mata sudah lelah.

Kemudian seimbangi dengan ambil napas dalam-dalam yang berguna mengembalikan semangat untuk menjalani hari.

 Mata bisa lelah apabila terus menerus menatap layar monitor.

Baca juga: Benarkah TikTok Jadi Aplikasi Mata-Mata Pemerintah China?

Tutup mata sejenak

Metode relaksasi mata terbaik adalah dengan menggosok mata menggunakan telapak tangan untuk memberi kesan hangat. Namun cara ini berisiko membuat mata iritasi jika telapak tangan tidak dalam keadaan bersih.

Cara yang tepat adalah dengan memejamkan mata selama 5-10 detik. Cara ini dapat mengurangi stres atau rasa lelah yang dialami mata. Kemudian berkedip cepat juga dapat membantu melembabkan mata.

Putar bola mata

Untuk meredakan mata lelah karena terlalu lama bekerja di depan komputer. Anda bisa melakukan olahraga mata ringan, seperti memutar bola mata searah jarum jam dan arah berlawanan. Setidaknya lakukan 7-10 kali dalam sehari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini