5 Hal yang Mesti Dilakukan ketika Baru Beli Smartphone Android

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 02:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 16 2285865 5-hal-yang-mesti-dilakukan-ketika-baru-beli-smartphone-android-KJM7hZ3x4k.jpg Ilustrasi smartphone Android. (Foto: Unsplash)

KETIKA Anda baru saja membeli smartphone, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Seperti untuk ponsel pintar dengan sistem operasi Android, harus melakukan konfigurasi atau pengaturan. Langkah ini wajib dilakukan agar penggunaannya lebih mudah dan sesuai keinginan Anda.

Baca juga: Satu Akun WhatsApp untuk 4 Device Bakal Jadi Kenyataan 

Ada beberapa tahap yang harus dijalankan dalam tahap pengaturan ini. Berikut caranya, sebagaimana dikutip dari laman Android Pit.

1. Pilih bahasa

Setelah menghidupkan smartphone, Anda akan mendapati layar pembuka dan diminta memilih bahasa. Pilih bahasa yang Anda inginkan dan ketuk panah untuk melanjutkan.

2. Masukkan kartu SIM dan PIN

Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan kartu SIM. Anda sebenarnya dapat melewati ini, namun jika benar-benar ingin menggunakan ponsel ini sebagai perangkat telekomunikasi, langkah tersebut sangat penting dilakukan.

Baca juga: Microsoft Buat Fitur Mirroring Ponsel Android di Windows 10 

3. Pengaturan dan login ke akun Google

Tahap berikutnya mengatur atau masuk ke akun untuk menggunakan smartphone Anda dengan aplikasi dan layanan Google, seperti Gmail atau Play Store. Jika Anda sudah memiliki akun Google, Anda dapat memasukkan detail itu. Kemudian Anda akan diminta menerima Ketentuan Layanan dan kebijakan Privasi Google. Bacalah dengan mengetuk frasa yang disorot lalu tekan "Terima".

Jika Anda belum memiliki akun Google, tetapi ingin membuatnya, cukup ikuti langkah-langkah untuk memilih nama pengguna dan membuat kata sandi. Anda tidak perlu memiliki akun Google untuk menggunakan telepon, tetapi akan memerlukannya untuk menggunakan semua fungsinya, termasuk meng-install aplikasi dari Play Store. Untuk mendapatkan yang terbaik dari ponsel Android baru tersebut, Anda benar-benar harus memiliki akun Google.

4. Unduh aplikasi dari Google Play

Pengaturan awal smartphone sudah selesai. Sekarang Anda bisa mengundung aplikasi yang diinginkan di Google Play atau Play Store. Play Store pastinya telah terpasang di ponsel Anda dan cobalah untuk mencari beberapa aplikasi yang diperlukan.

5. Lakukan personalisasi

Jika tidak menyukai gambar latar belakang yang menyertai smartphone, bisa melakukan penggantian. Cara melakukan peribahan ini tergantung pabrikannya, bisa lewat Display atau Wallpaper di menu pengaturan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini