Ini Cara Keluar dari Safe Mode di Windows 10

Hantoro, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 16 2285957 ini-cara-keluar-dari-safe-mode-di-windows-10-FHd6Wu4cWI.jpg Windows 10. (Foto: Microsoft/Engadget)

KOMPUTER bukanlah mesin yang sempurna. Demikian juga dengan perangkat lunak seperti Windows yang dari waktu ke waktu dapat mengalami berbagai masalah.

Terkadang dapat diperbaiki dengan mudah, namun bisa juga agak sulit untuk menyelesaikan masalahnya. Inilah sebabnya mengapa terkadang para pengguna komputer disarankan melakukan boot ke Safe Mode di Windows.

Baca juga: Update Windows 10 Dirilis Bulan Depan, Ini Fitur Barunya 

Safe Mode atau Mode Aman, bagi mereka yang tidak terbiasa, pada dasarnya menempatkan komputer ke versi Windows yang paling dasar dan barebone. Intinya adalah menghentikan aplikasi lain dari boot.

Itu akan memberi Anda kesempatan untuk mencoba dan mencari tahu apa yang bisa menyebabkannya bermasalah. Ini cukup berguna, tetapi bagaimana jika sudah selesai dengan Safe Mode? Bagaimana keluarnya?

Berikut cara keluar dari Safe Mode, kali ini yang digunakan Windows 10, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Rabu (30/9/2020).

Baca juga: Microsoft Buat Fitur Mirroring Ponsel Android di Windows 10 

Cara tercepat dan paling efektif untuk keluar dari Safe Mode di Windows 10 adalah dengan memulai ulang (restart) komputer Anda.

Kadang-kadang ketika melakukan restart komputer, Anda juga akan diberikan pilihan untuk "Start Windows Normally", yang harus Anda pilih untuk menghentikan komputer dari boot ke Safe Mode.

Namun jika tidak berhasil dan Anda telah di-boot ulang ke Safe Mode lagi, jangan panik, karena sebenarnya ada cara lain untuk mengeluarkan dari itu.

1. Tekan tombol logo Windows dan R untuk menampilkan "Run" tool.

2. Ketik msconfig dan tekan Enter atau klik OK.

3. Pilih tab Boot.

4. Di bawah Opsi boot, kosongkan kotak centang Boot aman dan klik OK.

5. Restart komputer Anda.

6. Anda sekarang harus kembali ke mode Windows 10 normal lagi.

Selamat mencoba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini