iPhone Disebut Akan Miliki Pendeteksi Kualitas Udara dan Gas Beracun

Hantoro, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 16 2286093 iphone-disebut-akan-miliki-pendeteksi-kualitas-udara-dan-gas-beracun-WpOOf5Ya8B.jpg Ilustrasi Apple iPhone. (Foto: Ubergizmo)

BANYAK orang mungkin menganggap remeh udara sekitar. Tetapi jika pernah tinggal di tempat dengan polusi berat, atau bahkan di dekat daerah yang terkena kebakaran hutan, pasti akan tahu bahwa kualitas udara yang dihirup adalah hal yang paling penting.

Maka itu, diperlukan perangkat yang bisa mendeteksi kualitas udara di sekitar kita berpijak. Tentunya perangkat tersebut harus memberikan kepraktisan.

Baca juga: Deretan Aplikasi untuk Mendeteksi Polusi Udara 

Mengutip dari Ubergizmo, Rabu (30/9/2020), Apple Insider menemukan paten dari Apple yang mengindikasikan sedang membuat sistem pendeteksi kualitas udara dan gas beracun. Sistem itu akan menggunakan laser yang dapat masuk ke perangkat portabel, seperti iPhone atau Apple Watch.

Ini tidak hanya membantu mendeteksi potensi gas beracun, tetapi juga memerhatikan kualitas udara. Lalu bisa mendeteksi hal-hal seperti serbuk sari yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

Proposal paten dari Apple menyebutkan penggunaan tiga sumber cahaya laser dan tiga lensa refleksi internal total. Ini kemudian akan digabungkan dengan sensor cahaya atau fotodioda.

Sistem tersebut membantu mengatasi beberapa masalah dengan sistem yang ada, namun mungkin tidak seakurat bisa mendetekai angin yang meniup partikel di udara.

Baca juga: November, MAMAMOO Rilis Album Baru 

Ini kedengarannya seperti ide yang menarik dan mengingat betapa fokusnya Apple untuk menjadikan Apple Watch sebagai perangkat yang bisa dikenakan untuk semua hal yang berhubungan dengan kesehatan.

Bisa saja versi Apple Watch yang akan datang juga dapat membantu orang-orang mengatasi alergi serbuk sari.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini