Android 12 Akan Mudahkan Penggunanya Instal Aplikasi dari Pihak Ketiga

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 16 2286133 android-12-akan-mudahkan-penggunanya-instal-aplikasi-dari-pihak-ketiga-vGBNIeTyQy.jpg Ilustrasi Android. (Foto: Phone Arena)

ANDROID 12 akan dirilis pada 2021. Google pun mengumumkan bakal memberikan kemudahan kepada pengguna sistem operasi ini. Salah satunya bisa menggunakan toko aplikasi lain di perangkat mereka. Namun harus tetap berhati-hati karena tidak ada berkompromi jika melakukan pelanggaran di luar ketetapan Android.

Mengutip dari Phone Arena, Rabu (30/9/2020), Google akan mengharuskan pengembang yang menjual digital item di aplikasi mereka untuk menggunakan sistem penagihan Google Play. Jadi pengembang harus menambahkan sistem penagihan Google Play selambat-lambatnya pada 30 September 2021.

Baca juga: 5 Hal yang Mesti Dilakukan ketika Baru Beli Smartphone Android 

Berbeda dengan Apple dan App Store, Google mengizinkan pengguna Android melakukan sideload aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga seperti Samsung Galaxy App Store atau lainnya. Sehingga, memberi pengguna Android kesempatan untuk menginstal aplikasi dari toko lain dari Google Play Store.

Di sisi lain, Epic Games ingin memberi pengguna iOS yang mengunduh Fortnite dari App Store bisa berlangganan dengan harga lebih murah langsung dari Epic. Tetapi Apple dengan tegas menolaknya dan menghapus game populer itu dari etalase aplikasi iOS-nya.

Baca juga: Satu Akun WhatsApp untuk 4 Device Bakal Jadi Kenyataan 

Sedangkan Google melalui Android 12 memperbolehkan game Fortnite dapat diunduh di perangkat Android melalui toko pihak ketiga.

Android 12 juga akan hadir dengan banyak fitur baru yang baru akan diketahui pada Mei mendatang selama Google I/O 2021.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini