4 Cara agar Smartphone Tidak Rusak saat Musim Hujan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 16 2286511 4-cara-agar-smartphone-tidak-rusak-saat-musim-hujan-IPEqMofQVb.jpg Ilustrasi smartphone terkena air hujan. (Foto: Pixabay/Zeebiz)

BEBERAPA waktu mendatang wilayah Indonesia diperkirakan memasuki musim hujan. Segala persiapan pun harus dilakukan untuk menghadapinya. Salah satunya melindungi perangkat elektronik yang sehari-hari dibawa, seperti smartphone, ketika turun hujan.

Smartphone memang wajib mendapat perlindungan lebih ketika musim hujan. Pasalnya, tidak semua ponsel pintar memiliki fitur tahan air. Jadi, bisa mudah rusak ketika terkena air.

Baca juga: Hand Sanitizer Bisa Dipakai untuk Bersihkan Layar Ponsel 

Kali ini Okezone akan memberikan lima cara untuk mencegah kerusakan smartphone selama musim hujan, sebagaimana dikutip dari Gizbot.

1. Lindungi dengan case tahan air

Di musim hujan, cobalah membeli casing tahan air. Aksesori itu dirancang khusus untuk mencegah air masuk ke smartphone melalui port.

Alternatif lain, Anda juga bisa membeli kantong kunci zip untuk melindungi ponsel. Ini adalah cara yang ideal untuk menyelamatkan ponsel dari kerusakan karena air, tetapi pastikan mengunci kantong dengan hati-hati.

Waterproof phone. (Foto: Pixabay)

2. Membawa plastik

Kantong plastik bisa jadi penyelamat jika Anda tidak menemukan casing atau kantong kunci zip. Anda dapat membungkus ponsel dengan kantong plastik. Menariknya, balon juga bisa menjadi casing alternatif untuk smartphone Anda.

Anda dapat membeli balon dari toko terdekat dan menggunakannya untuk melindungi ponsel dari air hujan. Coba kembangkan balon dan masukkan smartphone dengan layar menghadap bawah dan mengempiskannya.

3. Bawa handuk tangan

Jika smartphone Anda basah secara tidak sengaja, bisa menggunakan handuk tangan untuk mengeringkannya. Bisa juga membungkus ponsel dengan handuk tangan dan memasukkannya ke tas untuk mengurangi risiko kerusakan akibat air.

Baca juga: Ikuti Langkah Ini Supaya Ponsel Anda Aman dari Peretasan 

4. Kurangi pengunaan di luar rumah

Lebih baik tidak menggunakan smartphone di luar rumah selama musim hujan. Sebaiknya Anda tidak menggunakan ponsel di luar ruangan. Jika perlu Anda bisa menggunakan perangkat dengan sepasang headphone nirkabel.

Baca juga: Sering Lihat Monitor? Ikuti Tips Ini Supaya Mata Tidak Mudah Lelah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini