Jupiter dan Saturnus Terlihat Indah di Atas Lingkaran Batu Zaman Perunggu

Hantoro, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 16 2286631 jupiter-dan-saturnus-terlihat-indah-di-atas-lingkaran-batu-zaman-perunggu-3BGPpsmB1G.jpg Jupiter dan Saturnus terlihat indah di atas Lingkaran Batu Lipat Mitchell di Inggris. (Foto: SWNS/Fox News)

SEBUAH gambar luar biasa menunjukkan dua planet terbesar di tata surya, Jupiter dan Saturnus, di langit malam terlihat di atas Mitchell's Fold Stone Circle atau Lingkaran Batu Lipat Mitchell yang legendaris. Lingkaran yang terletak di barat daya Shropshire, Inggris, ini terdiri dari sejumlah besar batu. Banyak di antaranya sekarang telah jatuh atau hilang.

Mengutip dari Fox News, Kamis (1/10/2020), beberapa dari mereka setinggi 10 inci, sementara yang lain lebih tinggi dari 6 kaki. Diyakini mungkin ada sekira 30 batu yang menyusun Mitchell's Fold, tetapi jumlah pastinya tidak diketahui.

Baca juga: Astronom Temukan Populasi Baru Bintang di Galaksi Bima Sakti 

Sejarah sebenarnya dari Mitchell's Fold tidak diketahui, tetapi struktur dari Zaman Perunggu ini memiliki kisah legendaris yang menyertainya.

Dalam suatu kisah legenda disebutkan terjadi peristiwa kelaparan besar di sana. Ketika itu seorang peri seharusnya memberi sapi ajaib persediaan susu yang tak ada habisnya.

Baca juga: 4 Cara agar Smartphone Tidak Rusak saat Musim Hujan  

Suatu malam, seorang penyihir memerah susu sapinya ke dalam saringan, sebelum akhirnya sapi itu menyadari apa yang dilakukan penyihir itu. Legenda menyatakan penyihir itu diubah menjadi batu dan lingkaran tersebut didirikan untuk menangkap si penyihir.

Zaman Perunggu, yang berlangsung antara 3.000 dan 1.200 SM, terus mengungkap rahasianya. Pada 2017, para arkeolog menemukan pemakaman Zaman Perunggu di sebuah situs ritual di Pulau Anglesey, Wales.

Pada September 2018, sebuah tangan perunggu berusia 3.500 tahun yang dihiasi manset emas ditemukan di Swiss. Ini membuat beberapa orang berteori bahwa itu mungkin prostetik logam paling awal yang diketahui.

Baca juga: NASA dan SpaceX Bekerja Sama Meneliti Batas Tata Surya 

Hutan prasejarah yang aneh terungkap di Pantai Wales setelah Badai Hannah pada Mei 2019.

Pada Mei 2019, para peneliti menggunakan pengujian genetik untuk mengungkapkan bahwa kuburan massal era Zaman Perunggu yang ditemukan di Polandia terdiri dari anggota keluarga yang sama.

Pada Desember 2019, para peneliti menemukan harta karun perhiasan berukir dan artefak emas di dua makam Zaman Perunggu dari Yunani kuno.

Baca juga: Tingkat Radiasi di Bulan Ternyata 200 Kali Lebih Tinggi dari Bumi 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini