Apple Akan Sediakan Siri Berbahasa Indonesia

Hantoro, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 16 2286771 apple-akan-sediakan-siri-berbahasa-indonesia-cuHtTGqHMC.jpg Perusahaan teknologi Apple. (Foto: Geeky Gadgets)

PERUSAHAAN teknologi Apple diketahui saat ini mempekerjakan Analis Anotasi Siri dari sejumlah negara yang berbeda bahasa. Bahasa-bahasa yang dimiliki para pekerja itu tercatat saat ini tidak ada dalam dukungan asisten suara di aplikasi Siri. Hal ini menunjukkan bahwa Apple sedang memperluas layanan bahasa di layanan pencarian Siri.

Mengutip dari Mac Rumors, Kamis (1/10/2020), Apple Siri merekrut orang-orang yang fasih berbahasa Indonesia dan Vietnam untuk ditempatkan di kantor cabang Singapura. Lalu Kantor Apple di Cork, Irlandia, mempekerjakan orang-orang yang fasih berbahasa Ukraina, Hongaria, Slovakia, Ceko, Kroasia, Yunani, Flemish, Rumania, dan Polandia.

Baca juga: Hasil Survei, Pengguna iPhone Tidak Terlalu Peduli 5G 

Seperti dijelaskan dalam daftar pekerjaan, Analis Anotasi yang bekerja untuk Apple mendengarkan dan mentranskripsikan cuplikan percakapan Siri untuk mengevaluasi tanggapan Siri.

Sebagai Analis Anotasi, mereka akan mendengarkan dan mentranskripsikan file audio serta mengevaluasi respons Siri dan penggunaan bahasa dari pengguna yang telah ikut serta dalam program penilaian.

iPhone. (Foto: Mac World)

Mereka akan menggunakan pengetahuan bahasa dan budayanya, bersama dengan keterampilan analitis, untuk mengevaluasi tanggapan terhadap pedoman.

Evaluasi Siri semacam ini sebelumnya dilakukan oleh perusahaan kontraktor pihak ketiga, tetapi Apple kini melakukannya sendiri.

Baca juga: iPhone 12 Dikabarkan Dijual Tanpa Charger dan EarPods 

Apple merombak program penilaian Siri dan menambahkan opsi bagi pelanggan untuk memilih tidak menggunakan rekaman Siri guna peningkatan produk dan menghapus rekaman Siri yang sudah dikumpulkan.

Apple tidak mendukung Siri dalam bahasa yang digunakannya. Ini mengindikasikan Siri mungkin akan hadir di negara baru dalam waktu yang tidak lama lagi.

Jika Siri mendapat dukungan bahasa tambahan, bahasa tersebut juga dapat ditambahkan ke aplikasi Translate yang dirilis di iOS 14.

Siri saat ini ada di lebih dari 37 negara dengan daftar yang tersedia di situs Apple. Bahasa yang berfungsi dengan aplikasi Translate lebih terbatas, yakni bahasa Arab, China Mandarin, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Portugis, Rusia, dan Spanyol.

Baca juga: Microsoft Uji Trackpad di Aksesori Magic Keyboard iPad 

Apple. (Foto: Drew Willson/Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini