Stasiun Luar Angkasa Internasional Kembali Mengalami Kebocoran

Hantoro, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 16 2286851 stasiun-luar-angkasa-internasional-kembali-mengalami-kebocoran-5T4ykK3NGt.jpg Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). (Foto: NASA/Fox News)

ASTRONAUT NASA Chris Cassidy bersama dua dari Rusia Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner terbangun pada Senin malam kemarin karena adanya kebocoran kecil di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

"Senin larut malam, kru Ekspedisi 63 dibangunkan oleh pengontrol penerbangan untuk melanjutkan pemecahan masalah kebocoran kecil di Stasiun Luar Angkasa Internasional yang tampaknya bertambah besar," jelas pihak NASA dalam sebuah pernyataannya, sebagaimana dikutip dari Fox News, Kamis (1/10/2020).

"Analisis lapangan dari modul yang diuji dalam semalam telah mengisolasi lokasi kebocoran ke area kerja utama Modul Servis Zvezda," lanjutnya.

Baca juga: Unik, Nintendo Jadul Ini Diubah Jadi Pelacak Stasiun Luar Angkasa 

NASA mencatat bahwa kebocoran tersebut, yang telah diselidiki selama beberapa minggu, tidak menimbulkan bahaya langsung bagi awak kapal.

Komandan Stasiun Cassidy, Ivanishin dan Vagner, diperintahkan mengumpulkan data dari berbagai lokasi di segmen stasiun luar angkasa Rusia.

"Satu per satu kru menutup lubang antara bagian belakang dan depan Zvezda serta lorong Zvezda ke Kompartemen Docking Pirs dan modul Poisk saat menggunakan detektor kebocoran ultrasonik untuk mengumpulkan data," ungkap NASA.

Sepanjang malam, pengukuran tekanan dilakukan oleh para spesialis dari Amerika Serikat dan Rusia itu untuk coba mengisolasi sumber kebocoran.

Baca juga: NASA Luncurkan Kargo ke ISS, Termasuk Toilet Canggih 

Setelah menyelesaikan pemeriksaan, palka antara segmen AS dan Rusia di Stasiun Luar Angkasa Internasional dibuka lagi dan awak melanjutkan tugas normal mereka.

"Besarnya kebocoran yang diidentifikasi semalam sejak itu dikaitkan dengan perubahan suhu sementara di dalam stasiun dengan tingkat kebocoran keseluruhan tetap tidak berubah," catat NASA. Fox News telah menghubungi NASA untuk meminta penjelasan terkait peristiwa ini.

Bulan lalu kebocoran kecil terjadi di segmen AS dari stasiun luar angkasa yang mengorbit. Akibatnya Cassidy secara singkat bergabung dengan Ivanishin dan Vagner di modul layanan Zvezda Rusia.

Cassidy, kapten Angkatan Laut AS yang menghabiskan 11 tahun sebagai anggota Navy SEAL, diluncurkan ke laboratorium luar angkasa yang mengorbit pada 9 April 2020.

Baca juga: Reality Show Ini Beri Hadiah Misi Penerbangan ke Luar Angkasa 

Luar angkasa. (Foto: NASA/Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini