Satelit NASA Merekam Gambar Musim Gugur yang Terlihat Berwarna

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 16 2287224 satelit-nasa-merekam-gambar-musim-gugur-yang-terlihat-berwarna-PasG6wWYcx.jpg Warna musim gugur di wilayah Amerika Serikat dilihat dari satelit. (Foto: NASA/NOAA-20)

DAUN-daun yang berubah saat musim gugur tiba dapat dilihat dalam foto-foto spektakuler dari luar angkasa di beberapa lokasi bagian barat tengah Amerika Serikat. Equinox Musim Gugur datang pada 22 September, menandai hari resmi pertama musim gugur.

Periode cuaca dingin menjelang akhir September memungkinkan warna-warna cerah dan indah diambil dari Suite Radiometer Pencitraan Inframerah Terlihat pada Satelit NOAA-20.

Baca juga: Makam Prajurit Zaman Besi Berusia 2.500 Tahun Ditemukan di Siberia 

Gambar pada 22 September itu menunjukkan perubahan daun di beberapa lokasi di Negara Bagian Minnesota, Wisconsin, dan Michigan.

Area di sekitar Danau Superior bisa dilihat dengan semburat warna. Menurut NASA, wilayah ini kaya dengan aspen, birch, maple, basswood, dan pohon kayu keras gugur lainnya.

Kantor Prakiraan Layanan Cuaca Nasional (NWS) di Duluth, Minn, pada hari Minggu kemarin menjelaskan bahwa warna indah ini mendekati puncaknya di sebagian besar wilayah Amerika.

Menurut Dinas Kehutanan Amerika Serikat, spesies pohon tertentu menghasilkan warna tertentu. Pohon ek umumnya berubah menjadi merah, coklat, atau coklat kemerahan; aspen dan poplar kuning berubah menjadi emas.

Baca juga: Netizen Ramai-Ramai Ucapkan Selamat Hari Batik Nasional 

Mapel berbeda menurut spesiesnya, karena maple merah berubah warna menjadi merah terang; gula maple, oranye-merah; dan maple hitam, kuning.

"Beberapa daun dari beberapa spesies, seperti elm hanya mengerut dan jatuh, menunjukkan sedikit warna selain coklat kusam," catat badan tersebut, seperti dikutip dari Fox News, Jumat (2/10/2020).

Ada juga tiga faktor yang memengaruhi warna daun musim gugur, yakni pigmen daun, lamanya malam, dan cuaca.

Baca juga: Update Google Photos Bisa Ajarkan Penggunanya Edit Foto 

"Waktu perubahan warna dan mulainya daun berguguran terutama diatur oleh kalender saat malam semakin lama," catat Dinas Kehutanan.

"Tak satu pun dari pengaruh lingkungan lainnya, seperti suhu, curah hujan, persediaan makanan, sama tak berubahnya dengan panjang malam yang terus meningkat selama musim gugur," pungkasnya.

Baca juga: Xbox dan PlayStation Akan Bisa Akses Apple TV? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini