Ditemukan Pemandian Kuno Berusia 2.000 Tahun

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 16 2287345 ditemukan-pemandian-kuno-berusia-2-000-tahun-UWvYQ6CIh8.jpg Penemuan pemandian kuno berusia ribuan tahun. (Foto: Israel Antiquities Authority/Fox News)

SEBUAH lokasi pemandian untuk acara ritual (mikveh) berusia 2.000 tahun ditemukan di wilayah Galilea, Israel. Mikveh ini menjadi bagian dari peternakan yang ditemukan di Lower Galilee selama penggalian oleh Israel Antiquities Authority.

Abd Elghani Ibrahim dan Dr Walid Atrash yang mengarahkan penggalian mengatakan bahwa keberadaan pemandian ini menunjukkan kehidupan penduduk pertanian kuno.

Baca juga: Peneliti Ungkap Pemilik Fosil Bulu Pertama yang Pernah Ditemukan 

"Pemandian ritual telah digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh orang-orang sejak periode Kuil Kedua dan hingga hari ini," jelas mereka dalam pernyataannya, sebagaimana dikutip dari Fox News, Jumat (2/10/2020).

Situs itu ditemukan sebelum pembangunan persimpangan jalan raya. Pekerja dari Desa Kfar Manda, siswa, dan sukarelawan setempat yang termasuk penduduk di sekitar Kibbutz Hannaton berpartisipasi dalam penggalian ini.

Mereka terus mengungkapkan aspek baru dari peninggalan sejarah yang ada di sana. Arkeolog dan sukarelawan misalnya baru-baru ini menemukan pabrik sabun kuno di Gurun Negev Israel.

Baca juga: Makam Prajurit Zaman Besi Berusia 2.500 Tahun Ditemukan di Siberia 

Dalam proyek lain, material di altar kuil kuno juga ditemukan. Lalu ada ruang bawah tanah tersembunyi yang berusia 2.000 tahun ditemukan di dekat Tembok Barat di Yerusalem.

Seorang anak laki-laki berusia 6 tahun juga menemukan situs tanah liat berusia 3.500 tahun yang menggambarkan seorang tawanan kuno dan penculiknya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini