Internet Cepat Dipasang di Lokasi Kebakaran Hutan Amerika

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 16 2287427 internet-cepat-dipasang-di-lokasi-kebakaran-hutan-amerika-stVudmxwao.png Internet berkecepatan tinggi dipasang di lokasi kebakaran hutan di Washington. (Foto: Twitter @waEMD)

TIM Darurat di Negara Bagian Washington telah memanfaatkan teknologi internet Satelit Starlink SpaceX untuk menyediakan konektivitas di area yang rusak akibat kebakaran hutan.

"Senang mendapat dukungan dari internet Starlink @SpaceX karena petugas tanggap darurat berupaya membantu penduduk membangun kembali Kota Malden, WA, yang dilanda kebakaran hutan awal bulan ini," cuit Washington Emergency Management, seperti dikutip dari Fox News, Jumat (2/10/2020).

Baca juga: NASA dan SpaceX Bekerja Sama Meneliti Batas Tata Surya 

"Senang SpaceX bisa membantu. Kami memprioritaskan penanggap darurat dan lokasi tanpa konektivitas internet sama sekali," respons CEO SpaceX Elon Musk.

Menurut SpaceX, sistem Starlink berbasis satelit memberikan internet broadband berkecepatan tinggi ke lokasi di mana akses tidak dapat diandalkan, mahal, atau sama sekali tidak tersedia.

Layanan ini awalnya difokuskan di Amerika Serikat bagian utara dan Kanada, tetapi akan diperluas untuk menyediakan cakupan dunia yang mendekati global pada 2021.

Baca juga: SpaceX Pamer Mesin "Menggelegar" Raptor Vacuum untuk Misi ke Luar Angkasa 

"Empat terminal dipasang di Bridgeport, Omak, Skamania, dan Malden," kata Juru Bicara Divisi Manajemen Darurat Washington kepada Fox News melalui email.

"Keempatnya bekerja sangat baik dan telah pulih. Mereka tidak lagi digunakan saat ini."

Fox News telah menghubungi SpaceX dengan permintaan untuk mengomentari berita ini.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini