2 Detik Sebelum Lepas Landas, SpaceX Batalkan Peluncuran Roket Falcon 9

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 03 Oktober 2020 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 03 16 2287843 2-detik-sebelum-lepas-landas-spacex-batalkan-peluncuran-roket-falcon-9-Cben0AmO9M.jpg Roket Falcon 9 batal meluncur ke orbit. (Foto: SpaceX/Space.com)

SPACEX membatalkan peluncuran Roket Falcon 9 pada Jumat 2 Oktober 2020. Roket ini sejatinya membawa Global Positioning Satellite (GPS) terbaru untuk Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat.

Mengutip dari Space, Sabtu (3/10/2020), pengontrol peluncuran membatalkan peluncuran sekira 2 detik sebelum Roket Falcon 9 lepas landas dari Space Launch Complex 40 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

Roket itu dijadwalkan meluncurkan Satelit GPS III SV04 generasi berikutnya ke orbit pada pukul 21.43 EDT (0143 GMT pada 3 Oktober).

Baca juga: NASA dan SpaceX Bekerja Sama Meneliti Batas Tata Surya 

Insinyur Integrasi Utama SpaceX John Insprucker mengatakan peluang peluncuran berikutnya untuk misi ini adalah pada Sabtu pukul 21.39 EDT (0139 GMT pada 4 Oktober).

Ketika pembatalan, kata Insprucker, tidak jelas apakah SpaceX membatalkan peluncuran karena masalah dengan roket atau sistem pendukung darat.

Ia menambahkan, peluang SpaceX mencoba peluncurannya lagi pada Sabtu malam akan tergantung berapa lama perusahaan tersebut mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang menyebabkan pembatalan.

Setelah diluncurkan, Satelit GPS III SV04 akan menjadi yang keempat dari rangkaian 10 satelit GPS generasi mendatang yang ditingkatkan untuk militer AS.

Baca juga: Internet Cepat Dipasang di Lokasi Kebakaran Hutan Amerika 

SpaceX meluncurkan dua satelit ini pada Desember 2018 dan Juni tahun ini, sementara satu satelit diluncurkan dengan Roket Medium Delta IV pada Agustus 2019.

Pembatalan peluncuran pada hari Jumat adalah yang kedua dalam dua hari untuk SpaceX.

Sebelumnya Roket Falcon 9 yang berbeda mengalami kegagalan peluncuran pada hari Kamis ketika coba meluncurkan 60 satelit internet Starlink baru dari Pad 39A Pusat Antariksa Kennedy NASA di Cape Canaveral dekat stasiun Angkatan Udara.

SpaceX belum secara resmi mengumumkan tanggal peluncuran baru untuk misi kali ini.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini