Ini Cara agar Ponsel Anda Tidak Rusak Akibat Suhu Dingin

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 16 2288390 ini-cara-agar-ponsel-anda-tidak-rusak-akibat-suhu-dingin-L7YBiNvxIL.jpg Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

SUHU dingin terkadang bisa membuat barang-barang elektronik jadi mengalami masalah. Bahkan bisa juga menimbulkan kerusakan. Termasuk juga untuk perangkat ponsel pintar (smartphone).

Hal ini bisa terjadi karena baterai Lithium-Ion yang tersemat di smartphone akan mengalami pembekuan jika terpapar suhu dingin. Dampaknya mengurangi kemampuan baterai dalam mengirim energi ke ponsel.

Baca juga: Smartphone Sering Alami Hang? Perhatikan 5 Hal Ini 

Jadi bagi Anda yang berada di wilayah dengan suhu dingin, atau hendak bepergian ke lokasi-lokasi seperti itu, sebaiknya lakukan langkah lebih dalam melindungi smartphone yang dibawa.

Berikut cara melindungi smartphone Anda dari suhu dingin, sebagaimana dikutip dari Android Pit.

Smartphone. (Foto: Pixabay/Zeebiz)

Pasang Casing Pelindung

Pasang pelindung smartphone berupa casing sepertinya bisa menjadi salah satu hal wajib yang dilakukan ketika musim dingin. Ini juga dapat melindungi ponsel ketika ada kejadian tidak diinginkan misalnya terpeleset.

Selain itu, sarung tangan tebal tidak memastikan cengkeraman yang ketat. Dengan casing yang tepat, smartphone lebih terlindungi dari jatuh.

Baca juga: 4 Cara agar Smartphone Tidak Rusak saat Musim Hujan 

Selalu Dekatkan dengan Tubuh

Guna mencegah ponsel dari kerusakan, salah satunya adalah menghindari suhu dingin itu sendiri. Dirasankan, Anda tidak boleh meletakkan smartphone di dalam tas atau ransel, tetapi harus sedekat mungkin dengan tubuh. Misalnya di saku bagian dalam jaket atau di saku celana. Ini tujuannya untuk tetap memberikan kehangatan, seperti dari tubuh.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini