Ini 5 Kesalahan saat Lakukan Privasi dan Keamanan Akun Media Sosial

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 16 2288573 ini-5-kesalahan-saat-lakukan-privasi-dan-keamanan-akun-media-sosial-9TB0ijnrTj.jpg Ilustrasi media sosial. (Foto: Freepik)

DI era kemajuan teknologi seperti saat ini, hampir setiap orang sudah memiliki akun media sosial pribadi. Langkah tersebut untuk memenuhi kebutuhan informasi yang sedang terjadi di belahan dunia.

Namun, perlu ketahui bahwa segala sesuatu yang telah di-posting di linimasa media sosial akan terekam. Jadi dalam penggunaan medsos sangat perlu diperhatikan segala sesuatunya, jangan sampai menimbulkan kerugian.

Baca juga: Ini Cara agar Ponsel Anda Tidak Rusak Akibat Suhu Dingin 

Dalam menjaga hal yang tidak diinginkan dapat terjadi seperti penyalahgunaan identitas atau informasi terkait akun media sosial. Pengguna perlu melakukan privasi dan keamanan (privacy and security) dalam medsos agar tetap aman. Tetapi terkadang ada saja kesalahan dalam langkah tersebut.

Berikut ini 5 kesalahan yang perlu Anda ketahui dalam melakukan privacy and security di sosial media, sebagaimana dikutip dari Fox News, Senin (5/10/2020).

Ilustrasi media sosial. (Foto: Freepik)

1. Melewatkan dasar-dasar privasi dan keamanan

Dalam membuat sebuah akun media soaial, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah membuat kata sandi. Anda memang perlu membuat kata sandi yang mudah diingat, namun disarankan jangan yang sama dengan berbagai akun medsos yang dimiliki. Hal ini untuk mencegah pembobolan akun medsos Anda.

2. Tidak mengubah sifat akun menjadi privasi

Sebagian besar profil media sosial bersifat publik secara default. Jika Anda membiarkannya seperti itu, siapa pun yang mencari Anda dapat melihat semua yang diunggah, termasuk foto, identitas, dan lokasi. Hal ini akan memberi kesempatan kepada orang yang tidak bertanggung jawab untuk menggunakan akun Anda dalam penyalahgunaan identitas.

Baca juga: Alquran dan Sains Lengkap Menjelaskan Proses Turunnya Air Hujan 

3. Mengabaikan foto yang menandai Anda

Anda sebaiknya lebih memerhatikan foto yang ditandai oleh teman. Jika merasa foto tersebut tidak layak untuk di-post, Anda bisa menolak atau mengabaikannya.

4. Terlalu terbuka menggunakan medsos

Seringkali orang menjadikan media sosial sebagai suatu yang menjadi bagian dalam hidupnya, jadi apa pun hal tentang hidupnya akan di-posting.

Namun perlu diketahui bahwa hal tersebut akan membahayakan privasi akun Anda. Akun Anda bisa disusupi atau diretas oleh penjahat dunia maya. Penjahat itu dapat menggunakan informasi yang Anda posting untuk membobol akun, atau lebih buruk.

Jangan pernah memperlakukan media sosial, khususnya aplikasi perpesanan, sebagai sesuatu yang lebih dari alat komunikasi dasar.

Baca juga: 59 Peti Mati Berisi Mumi Berusia 2.600 Tahun Ditemukan di Mesir 

5. Login di tempat lain

Disarankan jangan melakukan login atau masuk akun di tempat lain, karena bisa memberikan jejak mengenai akun yang dalam hal ini akan memberikan peluang bagi penjahat dunia maya untuk menyusup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini