Apple Klaim Punya Layar Lipat yang Bisa Perbaiki Kerusakan Sendiri

Hantoro, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 16 2288761 apple-klaim-punya-layar-lipat-yang-bisa-perbaiki-kerusakan-sendiri-QCL7TWOy1K.jpg Ilustrasi Apple iPhone. (Foto: Geeky Gadgets)

MASALAH ponsel dengan layar lipat saat ini adalah penggunaan layar berbahan plastik. Kelemahannya dinilai kurang tahan lama dibandingkan kaca, tetapi fleksibilitasnya memungkinkan ponsel bisa dilipat.

Namun, Apple mengklaim memiliki solusi untuk masalah ini, dan telah mengajukan paten atas apa yang mereka sebut sebagai tampilan penyembuhan diri. Artinya, setiap kali layar rusak karena serpihan atau debu, layar dapat sembuh sendiri, sehingga membuat ponsel lebih tahan lama dalam jangka panjang.

Baca juga: iOS 14 Disebut Sebabkan Baterai Boros, Ini Saran dari AppleĀ 

"Penyembuhan sendiri dapat terjadi pada lapisan bahan yang dapat menyembuhkan diri sendiri tanpa diperintah (misalnya, saat lapisan penyembuhan sendiri penyok, bahan pelapis dapat mengisi penyok bahkan tanpa intervensi eksternal). Atau, penyembuhan diri sendiri dapat dimulai atau dipercepat oleh panas, cahaya, arus listrik yang diterapkan secara eksternal, atau jenis stimulus eksternal lainnya," tulis pengajuan paten tersebut, seperti dikutip dari Ubergizmo, Senin (5/10/2020).

Ilustrasi iPhone. (Foto: Mac World)

Pada dasarnya Apple menyarankan agar ponsel dapat mengeluarkan panas yang akan membantu penyembuhan dirinya sendiri.

Baca juga: Ini 5 Kesalahan saat Lakukan Privasi dan Keamanan Akun Media Sosial

Rumor memang telah terdengar bahwa Apple mungkin merencanakan iPhone lipat sendiri, meskipun apakah itu benar-benar akan terwujud masih belum diketahui.

Sejauh ini ponsel lipat yang benar-benar sudah dirilis yakni dari Samsung, Huawei, dan Motorola.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini