Hiu Albino Langka Ditemukan di Perairan Inggris

Hantoro, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 16 2289007 hiu-albino-langka-ditemukan-di-perairan-inggris-FHgpalh63R.jpg Jason Gillespie tidak sengaja mendapati ikan hiu albino langka di Isle of Wight, Inggris. (Foto: SWNS/Fox News)

HIU albino langka ditangkap di lepas pantai Inggris, tepatnya di dekat Isle of Wight atau Pulau Wight, Inggris. Ikan langka itu ditangkap oleh Jason Gillespie (50) ketika sedang memancing di laut dalam di daerah itu. Ketika itu dia melihat hiu tope setinggi 3 kaki. Demikian dilaporkan kantor berita SWNS.

"Saya telah memancing selama 30 tahun dan saya belum pernah melihat yang seperti itu," kata Gillespie, "Itu ikan (langka yang ditemui) seumur hidup, satu di antara sejuta."

Baca juga: Nelayan Menjaring Hiu Abnormal dengan Tubuh Tanpa Kulit dan Gigi 

Hiu tope, atau hiu sekolah, memiliki kondisi yang disebut leucism yang mengakibatkan hilangnya pigmentasi.

Leukisme terjadi ketika beberapa atau semua sel pigmen gagal berkembang selama diferensiasi, sehingga sebagian atau seluruh permukaan tubuh hewan kekurangan sel yang mampu membuat pigmen.

Gillespie menjelaskan bahwa dia pernah mendengar tentang hiu serbaputih sebelumnya, tetapi belum pernah melihatnya secara langsung.

"Saya (pernah) mendengar tentang satu orang dari Wales yang menangkap satu tahun lalu, tetapi jumlahnya jauh lebih kecil, sekitar 6 lb," ungkap Gillespie, sebagaimana dikutip dari Fox News, Selasa (6/10/2020).

"Saya pikir umumnya jika mereka kehilangan warna, mereka berjuang untuk bertahan hidup, karena mereka tidak memiliki kamuflase yang sama. Mereka juga tidak dapat berburu secara efektif, lalu ditangkap oleh predator," paparnya.

Baca juga: Waduh, Hiu Jadi Bahan Utama Pembuatan Vaksin Covid-19 

"Sementara tope, mereka adalah spesies yang dilindungi, jadi kami melepasliarkannya. Tapi begitu kami melihat yang ini, saya berteriak kepada teman saya untuk mengambil jaring dan tahu saya perlu mengambil beberapa foto, jadi kami menariknya ke kapal dan mengambil beberapa foto," tambah Gillespie.

Setelah memotret hiu tope selama "kurang dari 1 menit," penduduk Waterlooville, Hampshire, ini melepaskannya kembali ke laut.

Menurut MarineBio.org, hiu tope pertama kali ditemukan pada 1758. Mereka tersebar luas di perairan, ditemukan di daerah-daerah seperti Atlantik barat dan timur, Baja California selatan dan Teluk California di Meksiko, serta banyak lagi.

Hiu tope dapat hidup hingga 55 tahun dan diburu karena berbagai alasan, termasuk daging, hati, minyak, dan siripnya. Mereka terdaftar sebagai "sangat terancam punah" oleh IUCN Red List of Threatened Species.

Baca juga: Anak Ikan Hiu Terjaring Nelayan di Sungai Musi Palembang 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini