Vaksin Covid-19 Berbasis Hiu Memicu Penolakan

Hantoro, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 16 2289157 vaksin-covid-19-berbasis-hiu-memicu-penolakan-f6se9wo8JU.jpg Ikan hiu. (Foto: Gerald Schombs/Unsplash)

PARA konservasionis telah meluncurkan kampanye untuk mencegah penggunaan squalene yang diproduksi dari minyak hati ikan hiu sebagai vaksin virus corona (covid-19). Shark Allies, sebuah kelompok yang berbasis di Los Angeles dan berdedikasi untuk konservasi hiu serta pari, memulai petisi Change.org untuk menghentikan penggunaan senyawa dalam vaksin untuk memerangi covid-19.

"Menggunakan hiu dalam vaksin covid-19 adalah pandangan pendek, tidak dapat diprediksi, dan tidak berkelanjutan," jelas petisi tersebut, sebagaimana dikutip dari Fox News, Selasa (6/10/2020), "Ada alternatif yang lebih baik. Industri harus mendengarkan."

Baca juga: Hiu Albino Langka Ditemukan di Perairan Inggris 

Lebih dari 58.000 orang telah menandatangani petisi yang diluncurkan sekira satu bulan lalu itu.

"Shark squalene telah digunakan sebagai bahan utama dalam beberapa bahan pembantu untuk meningkatkan kemanjuran vaksin," tambah petisi tersebut.

"Squalene yang terbuat dari minyak hati ikan hiu paling sering digunakan karena murah didapat dan mudah didapat, bukan karena lebih efektif daripada sumber lain."

Ilustrasi virus corona. (Foto: Shutterstock)

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), adjuvan adalah bahan dalam beberapa vaksin yang menciptakan respons kekebalan yang lebih kuat.

Petisi Shark Allies memperingatkan bahwa penggunaan shark squalene dapat berarti potensi bencana bagi manusia dan hiu. Dengan catatan bahwa sumber daya tersebut tidak berkelanjutan atau tidak dapat diandalkan untuk produksi massal vaksin covid-19.

Baca juga: Nelayan Menjaring Hiu Abnormal dengan Tubuh Tanpa Kulit dan Gigi 

"Produksi hiu squalene membutuhkan ketergantungan pada populasi hewan liar yang terbatas. Sebagian besar spesies hiu sudah berada pada tingkat kritis dan tidak akan tahan terhadap peningkatan permintaan vaksin global," kata para konservasionis.

"Negara-negara penghasil hiu squalene mungkin akan segera membutuhkan minyak tersebut untuk vaksin mereka sendiri."

Mereka menambahkan, rantai pasokan hiu squalene belum pernah diuji pada tingkat yang dibutuhkan vaksin virus corona, juga menyuarakan keprihatinan tentang kontrol kualitas.

Mengutip dari usa.gov, Orlando Sentinel melaporkan bahwa squalene telah dipanen dari hati hiu karena efektivitas biaya dan kelimpahannya.

Baca juga: Waduh, Hiu Jadi Bahan Utama Pembuatan Vaksin Covid-19 

Ikan hiu. (Foto: Jakob Owens/Unsplash)

Dalam draf vaksin kandidat covid-19 yang diterbitkan pada 2 Oktober, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mencatat kandidat vaksin dengan adjuvan squalene tetapi tidak menjelaskan sumber squalene.

Petisi Shark Allies menyerukan penggunaan segera squalene non-hewan sebagai pengganti squalene hewan.

Baca juga: 500 Ribu Hiu Harus Mati demi Selamatkan Manusia dari Covid-19 

Selain minyak hati ikan hiu, squalene juga dapat ditemukan dalam minyak zaitun, minyak biji gandum, dan minyak dedak beras. Demikian menurut informasi di situs National Institutes of Health's National Library of Medicine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini