Share

Ini Cara Ketahui Notifikasi Pemakaian Kamera atau Mikrofon

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 16 2289398 ini-cara-ketahui-notifikasi-pemakaian-kamera-atau-mikrofon-mhAmJdSCwb.jpg Ilustrasi smartphone. (Foto: Youssef Sarhan/Unsplash)

KAMERA merupakan salah satu bagian penting dalam smartphone. Melalui kamera, penggunanya dapat mengabadikan berbagai momen.

Lalu kini tidak hanya foto yang banyak digunakan untuk merekam, tetapi juga video. Rekaman berupa video ini pasti membutuhkan efek suara yang didapat dari kinerja mikrofon. Sebab dengan suara, momen yang direkam jadi lebih bermakna.

Baca juga: Cara Mudah Ubah Bahasa di Keyboard iPhone dan iPad 

Kemudian terkadang kini pengguna smartphone tidak mengetahui apakah kamera atau mikrofonnya sedang digunakan. Terkadang notifikasi yang muncul di hadapan ponsel belum tentu berasal dari kedua fitur tersebut. Lalu bagaimana cara mengetahuinya?

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kamera dan mikrofon ponsel Anda digunakan atau tidak, seperti dikutip dari Fox News, Selasa (6/10/2020).

1. Ikuti tanda titik untuk pengguna iPhone

Ikon notifikasi kamera dan mikrofon akan muncul di pojok kanan atas layar iPhone. Saat kamera dan mikrofon aktif atau baru saja digunakan, ikon titik berwarna oranye kecil muncul di kanan atas layar.

Jika kamera sedang digunakan atau baru saja merekam akan muncul titik berwarna hijau. Ketika kamera dan mikrofon iPhone sedang digunakan akan muncul titik kamera hijau. Hal ini adalah cara yang mudah untuk mengawasi privasi Anda karena sudah terintegrasi dalam sistem operasi.

2. Jika sudah muncul tanda titik di layar iPhone

Jika Anda sudah melihat ikon notifikasi titik tersebut, namun tidak mengetahui aplikasi mana yang menggunakan kamera serta mikrofon, segeralah tutup semua program. Setelah itu periksa izin aplikasi pada ponsel.

Bagi pengguna iPhone X dan versi terbaru, usap layar ke arah atas hingga setengah layar. Anda akan melihat tumpukan aplikasi yang terbuka. Setelah itu seret ikon ke atas layar untuk menutupnya. Lakukan hal ini pada setiap aplikasi hingga ikon kamera atau mikrofon menghilang.

Baca juga: Waspada Aplikasi Berbahaya yang Beredar di Google Play Store 

Jika iPhone Anda memiliki tombol beranda, tekan dua kali tombol tersebut dan ikuti langkah-langkah tersebut. Setelah aplikasi ditutup, ikuti langkah berikut untuk izin aplikasi:

- Buka Pengaturan (Setting), gulir ke bawah, kemudian tekan Privasi (Privacy).

- Buka mikrofon atau kamera. Lihat daftar aplikasi, kemudian tekan nonaktif pada semua aplikasi yang tidak membutuhkan kamera dan mikrofon. Beberapa aplikasi seperti obrolan video memerlukan akses penuh. Tetapi game serta utilitas lainnya seperti senter tidak memerlukan kamera dan mikrofon.

- Jika Anda ingin mengaktifkan kembali, ikuti langkah yang sama dan pastikan tombol sudah dalam posisi aktif.

3. Cara di ponsel Android

Secara default Android tidak memberitahukan jika kamera dan mikrofon sedang digunakan. Namun hal itu dapat diatasi dengan aplikasi tambahan Access Dots untuk Android. Aplikasi ini akan menampilkan ikon seperti yang dilakukan iOS di pojok kanan atas layar ponsel.

Baca juga: Sulit Putar Video di Perangkat Android? Ini Cara Mengatasinya 

4. Cara sesuaikan izin aplikasi di Android

Jika Anda ingin menghentikan penggunaan mikrofon dan kamera, geser layar dari bawah ke atas hingga tengah. Kemudian geser jari Anda dari kiri ke kanan untuk menutup aplikasi.

Selanjutnya periksa izin aplikasi Anda. Langkah ini dapat berbeda, tergantung dari Android yang Anda gunakan.

- Buka Pengaturan (Setting). Gulir ke bawah dan tekan Pribadi (Personal).

- Tekan Privasi dan Keamanan, kemudian izin aplikasi.

- Temukan aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan kamera dan mikrofonnya.

- Meskipun sudah nonaktif, pastikan Anda selalu memerhatikan ikon notifikasi titik pada kanan layar atas ponsel.

Baca juga: Hasil Penelitian, Hanya 29% Pengguna Wireless Charger di Dunia 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini