Cegah Cyberbullying, Instagram Beri Pesan Peringatan Sebelum Posting

Hantoro, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 16 2289624 cegah-cyberbullying-instagram-beri-pesan-peringatan-sebelum-posting-TrV4RfKwRA.jpg Ilustrasi Instagram. (Foto: Business Insider)

AKSI kurang terpuji masih saja terjadi di dunia maya. Misalnya intimidasi secara daring hingga cyberbullying. Ini disebut makin tidak terkendali.

Guna mengatasi masalah itu, sejumlah platform media sosial pun mengeluarkan fitur pencegahan. Seperti dilakukan Instagram yang mengambil langkah-langkah untuk memastikan hal itu tidak terjadi, atau setidaknya mengurangi kemunculannya.

Baca juga: Ini Cara Ubah Huruf di Bio Instagram Anda 

Mengutip dari Ubergizmo, Rabu (7/10/2020), Upaya terbaru Instagram adalah memperluas mekanisme anti-intimidasi. Instagram akan mengeluarkan pesan peringatan kepada pengguna sebelum melakukan posting bahwa tindakan tidak terpuji yang dilakukan berulang dapat mengakibatkan akun dihapus.

Instagram anticyberbullying. (Foto: Ubergizmo)

Sebelumnya Instagram sebenarnya mencoba bersikap lebih baik dengan memperingatkan pengguna bahwa komentar yang mengandung kata kunci atau frasa tertentu dapat dianggap tidak terlalu bagus.

Tujuannya adalah dapat mendorong pengguna untuk berpikir tidak mengunggah komentar buruk. Namun, perubahan ini menunjukkan bahwa Instagram ingin lebih proaktif dengan memperingatkan pengguna tentang konsekuensi potensial dari tindakan mereka.

Baca juga: DM Instagram Resmi Digabungkan dengan Facebook Messenger 

Tentu saja perilaku pengguna untuk mempertimbangkan unggahannya masih harus dilihat ke depan. Namun banyak pihak menilai bagus Instagram lebih aktif mengatasi cyberbullying dan lain-lain ini.

Instagram sendiri sudah memiliki beberapa fitur untuk melindungi pengguna dari penindasan secara daring. Ini termasuk kemampuan menyembunyikan komentar, menonaktifkan komentar sepenuhnya, dan sebagainya. Jadi, ini hanyalah satu fitur tambahan yang akan membantu melawan cyberbullying.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini