Rentan Diretas, Peneliti Sebut Chip T2 Apple Miliki Celah Keamanan

Hantoro, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 16 2289684 rentan-diretas-peneliti-sebut-chip-t2-apple-miliki-celah-keamanan-hGTBfrlGhp.jpg Ilustrasi keamanan siber. (Foto: Ubergizmo)

SALAH satu fitur perangkat keras terbaru yang diperkenalkan Apple ke produknya adalah chip keamanan T2. Chip T2 diperkenalkan ke komputer Mac Apple belum lama ini. Ini pada dasarnya adalah co-processor yang membantu mengamankan informasi sensitif seperti data Touch ID, penyimpanan terenkripsi, dan banyak lagi. Pada dasarnya ini dimaksudkan untuk memberi pengguna Mac pengalaman yang lebih aman.

Mengutip dari Ubergizmo, Rabu (7/10/2020), namun peneliti keamanan Niels Hofmans menemukan kerentanan yang tidak dapat ditambal dalam Chip T2. Dengan asumsi bahwa kerentanan ini memang ada dan dieksploitasi. Kerentanan ini dinilai dapat memungkinkan peretas membajak proses boot dan mendapat akses ke perangkat keras komputer.

Baca juga: Apple Akui Daya Baterai Bisa Terkuras Akibat Update iOS 14 

Peretas juga akan memiliki akses root penuh dan hak istimewa eksekusi kernel yang berarti bisa menginstal hal-hal seperti keylogger dan mencuri data sensitif seperti kredensial login, informasi kartu kredit, dan banyak lagi. Kabar buruknya adalah karena disimpan di ROM T2, ini mencegah Apple untuk menambalnya.

Namun, peretas tidak akan dapat menargetkan komputer dari jarak jauh. Tampaknya satu-satunya cara peretas dapat melakukan serangan ini adalah dengan menggunakan sesuatu seperti kabel atau sisipan USB yang berbahaya, berarti mereka memerlukan akses fisik ke komputer.

Baca juga: Cara Mudah Ubah Bahasa di Keyboard iPhone dan iPad 

Tidak jelas apa yang dapat Apple lakukan sekarang, tetapi Hofmans mengatakan telah menghubungi Apple untuk memperingatkan tentang hal itu, jadi sampai perbaikan dapat ditemukan, mungkin yang terbaik adalah menghindari memasang kabel USB atau dongle yang tidak terbiasa untuk saat ini.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini