Google Chrome untuk Seluler Beri Tahu Pengguna jika Password Diretas

Hantoro, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 16 2289807 google-chrome-untuk-seluler-beri-tahu-pengguna-jika-password-diretas-NlxrkpH048.jpg Ilustrasi Google Chrome untuk ponsel. (Foto: Ubergizmo)

GOOGLE baru saja meningkatkan tingkat keamanan pada aplikasi Google Chrome versi telepon seluler (ponsel). Salah satu perubahan yang didapat Google Chrome adalah membantu pengguna mengetahui jika password atau kata sandinya dipakai pihak lain.

"Untuk memeriksa apakah Anda memiliki sandi yang disusupi, Chrome mengirimkan salinan nama pengguna dan sandi Anda ke Google menggunakan bentuk enkripsi khusus," jelas pihak Google, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Rabu (7/10/2020).

Baca juga: Banyak Orang Bekerja dari Rumah, Google Chrome Di-Upgrade 10% Lebih Cepat 

Dengan mengirim data tersebut memungkinkan Google memeriksanya berdasarkan daftar kredensial yang diketahui telah disusupi. Tetapi, Google tidak dapat memperoleh nama pengguna atau sandi pengguna dari salinan yang dienkripsi.

Apa yang terjadi jika kata sandi cocok dengan yang disimpan dalam database? Google kemudian akan coba mengarahkan pengguna ke halaman yang dapat mengubah kata sandinya.

Baca juga: Game Browser Chrome Dinosaurus Kini Tampilkan Senjata 

Dikarenakan banyaknya jumlah pelanggaran basis data yang terjadi, ada kemungkinan besar peretasan password adalah bagian dari itu.

Sebenarnya ada situs web yang dapat diakses untuk melihat apakah telah password disusupi, tetapi perubahan ini akan mempermudah pengguna mengetahuinya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini