Arkeolog Temukan Kerangka Panglima Perang Anglo-Saxon Berusia 1.400 Tahun

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 20:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 16 2289961 arkeolog-temukan-kerangka-panglima-perang-anglo-saxon-berusia-1-400-tahun-1Oq4UXAeKL.jpg Penemuan kerangka panglima perang Anglo-Saxon. (Foto: The University of Reading/Fox News)

KERANGKA fosil sisa-sisa panglima perang Anglo-Saxon ditemukan di sebuah situs permakaman di selatan Inggris. Fosil tersebut menurut para ahli sudah berusia lebih dari 1.400 tahun.

Arkeolog dari Universitas of Reading Inggris menemukan kerangka dari abad ke-6 masehi itu di Berkshire, Inggris. Sisa-sisa prajurit kuno yang dijuluki "Panglima Perang Marlow" tersebut ditemukan di situs pemakaman di puncak bukit bersama sederet senjata, termasuk pedang di sarung berhias, dan tombak.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Temuan Fosil Beruang Gua Zaman Es 

Fosil kerangka prajurit itu digambarkan sebagai pria berwibawa setinggi 6 kaki. Pihak University of Reading mencatat bahwa situs tersebut pertama kali ditemukan oleh dua pendeteksi logam, Sue dan Mick Washington, pada 2018.

"Pada dua kunjungan sebelumnya, saya menerima sinyal besar dari daerah ini yang tampaknya sangat kuat," ungkap Sue Washington dalam pernyataannya, sebagaimana dikutip dari Fox News, Rabu (7/10/2020).

"Namun, ketidakpastian ada di pikiran saya. Lalu pada perjalanan berikutnya, saya harus menyelidikinya, dan ini terbukti untuk ketiga kalinya beruntung," lanjut dia.

Dalam penelitiannya, Sue dan anggota lain dari klub pendeteksi logam Maidenhead Search Society mengunjungi situs tersebut di beberapa lokasi. Mereka awalnya menemukan dua mangkuk perunggu.

Pendeteksi logam mendaftarkan temuan itu ke Portable Antiquities Scheme yang dikelola oleh Pemerintah Inggris dan British Museum.

Baca juga: Peneliti Pelajari Tengkorak Embrio Dinosaurus dari Argentina 

Mereka lalu melakukan penggalian lagi, dan menemukan dua ujung tombak perunggu. Penemuan tersebut akan diberikan oleh Sue, dan akan dipajang di Museum Buckinghamshire di Aylesbury.

Melalui situs yang diidentifikasi sebagai kemungkinan makam Anglo-Saxon, Departemen Arkeologi di University of Reading menyelesaikan survei dan penggalian penuh pada Agustus 2020.

Penemuan lain dari era Anglo-Saxon telah menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, misalnya, para arkeolog mengungkapkan detail baru tentang pemakaman kerajaan Kristen paling awal yang pernah ditemukan di Inggris, dan mereka membandingkan dengan makam Raja Tutankhamun yang terkenal.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Fosil Bintang Laut Purba dalam Keadaan Utuh 

Pada 2003, pekerja jalan di Desa Prittlewell, sebelah selatan Inggris, secara tidak sengaja menemukan makam Anglo-Saxon berusia 1.400 tahun yang kemudian digali oleh para arkeolog.

Dalam penelitian itu ditemukan gesper emas yang menunjukkan penguburan berstatus tinggi dan kemungkinan seorang pangeran. Dua salib fosil emas kecil juga ditemukan di kepala peti mati.

Baca juga: Ahli Paleontologi Temukan Bukti Dinosaurus Mengidap Kanker Ganas 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini