Hiu Putih Raksasa Berusia 50 Tahun Ditemukan di Pantai Kanada

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 16 2289972 hiu-putih-raksasa-berusia-50-tahun-ditemukan-di-pantai-kanada-ErV26gTDN2.jpg Ikan hiu putih raksasa ditemukan di lepas Pantai Nova Scotia, Kanada. (Foto: Chris Ross/Ocearch)

SEBUAH penelitian nirlaba telah mempelajari ikan hiu putih raksasa betina di lepas Pantai Nova Scotia, Kanada. Hiu itu berukuran lebih dari 17 kaki, dan menjadikannya terbesar yang telah ditandai dan diambil sampelnya oleh organisasi di Atlantik Barat Laut.

Baca juga: Hiu Albino Langka Ditemukan di Perairan Inggris 

OCEARCH mengumumkan penemuan itu minggu lalu dan menjulukinya sebagai "Ratu Lautan". Hiu tersebut memiliki berat yang mengejutkan yaitu 3.541 pon dan berusia sekira 50 tahun. Hiu itu dikembalikan ke laut dengan membawa label untuk memantau keberadaannya.

Ikan hiu. (Foto: Gerald Schombs/Unsplash)

"Dengan data baru yang kami kumpulkan, Ratu Lautan ini akan membagikan kebijaksanaannya kepada kami selama bertahun-tahun yang akan datang," jelas pihak OCEARCH, sebagaimana dikutip dari Fox News, Rabu (7/10/2020).

"Dia akan terus membantu menyeimbangkan keberadaan ikan di perairan sekitarnya, dan kami berharap dapat belajar lebih banyak dari penjaga yang bijaksana dari ekosistem laut kita ini," lanjutnya.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Berbasis Hiu Memicu Penolakan 

OCEARCH menamainya Nukumi untuk "sosok nenek tua yang bijak dan legendaris" dari Suku Mi'kmaq Pribumi Kanada.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini