Studi Baru Ungkap Panjang Hiu Megalodon Bisa Mencapai 50 Kaki

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 16 2290198 studi-baru-ungkap-panjang-hiu-megalodon-bisa-mencapai-50-kaki-0orRWrFXsj.jpg Ilustrasi ikan hiu. (Foto: Gerald Schombs/Unsplash)

MEGALODON dikenal sebagai ikan hiu paling masif yang pernah hidup. Lingkar tubuhnya sangat besar, bahkan tidak biasa dibanding hiu lainnya.

Penelitian terbaru mengungkapkan fakta menarik tentang spesies hiu ini. Diperkirakan panjang tubuh Megalodon bisa mencapai 50 kaki (15 meter) atau kira-kira sepanjang jalur boling.

Baca juga: Terungkap Ukuran Sebenarnya Hewan Laut Purba 'Megalodon' 

Dikutip dari Science Alert, Kamis (8/10/2020), peneliti mengungkapkan dalam ordo lamniformes hiu Megalodon ada pencilan ekstrem dari hiu modern lainnya.

Spesies terbesar yang diketahui sebelumnya adalah hiu putih besar (Carcharodon Carcarias), namun hanya tumbuh sekira 20 kaki (6 meter). Sedangkan hiu paus pemakan filter (Rhincodon Typus), spesies ikan terbesar yang hidup saat ini, hanya berukuran 18 hingga 33 kaki (6 sampai 10 meter) dari hidung ke ujung ekor.

Ikan hiu. (Foto: Wai Siew/Unsplash)

Ada 13 hiu lamniformes yang hidup saat ini, termasuk hiu mako (Genus Isurus), hiu goblin laut dalam (Mitsukurina), dan hiu perontok (Alopias), serta hiu putih besar.

Kebanyakan fosil Megalodon berasal dari sekira 15 tahun yang lalu. Sementara itu lamniformes lainnya mulai dari akhir era Mesozoikum (252 juta sampai sekira 66 juta tahun yang lalu) hingga awal era Kenozoikum (65 juta tahun yang lalu sampai saat ini).

Penulis utama studi baru tersebut, Kenshu Shimada, mengatakan masih sedikit informasi yang diketahui tentang anatomi lamniformes yang sudah punah. Mereka sangat langka dalam catatan fosil, kecuali gigi yang lebih sering ditemukan. Hal ini dikarenakan kerangka hiu lebih dominan tersusun oleh tulang rawan.

Baca juga: Hiu Putih Raksasa Berusia 50 Tahun Ditemukan di Pantai Kanada 

Ukuran dari gigi hiu ini dapat digunakan untuk memperkirakan ukuran tubuhnya. Seiring pertumbuhannya, hiu akan terus menerus mengganti giginya dan semakin besar seiring berjalannya waktu.

Shimada bersama rekannya membuat suatu persamaan yang mewakili hubungan antara panjang tubuh dengan ukuran gigi lamniformes.

Mereka menemukan bahwa banyak hiu lamniform berukuran besar yang sudah punah, seperti empat generasi Mesozoikum (Cretodus, Cretoxyrhina, Hispidaspis, Scapanorhynchus) dan empat generasi Cezonic (Alopias, Charcarodon, Isurus, Otodus).

Shimada mengatakan gambaran hiu Megalodon sekarang lebih jelas dibanding sebelumnya. Meski begitu, masih banyak pertanyaan seputar Megalodon yang belum terjawab. Mulai struktur tubuh hingga gigantisme Megalodon yang berlebihan.

"Mengapa Megalodon punah adalah pertanyaan mendasar lainnya yang belum bisa terjawab," kata Shimada.

Baca juga: Hiu Albino Langka Ditemukan di Perairan Inggris 

Ikan hiu. (Foto: Gerald Schombs/Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini