Google Beri Tahu Peretasan Akun via Aplikasi, Tidak Lagi Lewat Email

Hantoro, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 16 2290221 google-beri-tahu-peretasan-akun-via-aplikasi-tidak-lagi-lewat-email-Ojd4Xg37Yf.jpg Ilustrasi peretasan. (Foto: NBC News)

SALAH satu masalah yang muncul terkait email adalah adanya pemberitahuan palsu. Ini menjadi masalah keamanan yang sangat serius. Namun hal tersebut coba diatasi, salah satunya oleh Google. Mereka berharap dapat mengubahnya dengan menggunakan aplikasi sendiri untuk memberi tahu pengguna tentang masalah keamanan terkait peretasan akun.

"Saat kami mendeteksi masalah keamanan Akun Google yang serius, kami akan secara otomatis menampilkan peringatan dalam Google Apps yang Anda gunakan dan membantu Anda mengatasinya —tidak perlu memeriksa email atau peringatan ponsel Anda. Lansiran baru tahan terhadap spoofing, jadi Anda selalu bisa yakin bahwa itu berasal dari kami," ungkap pihak Google, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Kamis (8/10/2020).

Baca juga: Google Chrome Seluler Bisa Deteksi Peretasan Kata Sandi 

Google mencatat bahwa saat pengguna diberi tahu tentang masalah keamanan ini, mereka cenderung melakukan sesuatu.

Perusahaan mengklaim bahwa pada 2015 ketika mulai mengeluarkan notifikasi ini melalui Android, mereka melihat peningkatan 20 kali lipat terkait jumlah orang yang terlibat dalam notifikasi tersebut setelah satu jam menerimanya.

Baca juga: YouTube hingga Google Sempat Down, Netizen Bertanya-tanya 

Jadi dengan menggunakan Google Apps sendiri, ada kemungkinan besar bahwa pengguna mungkin lebih cenderung menangani masalah ini dibandingkan metode lain seperti email.

Google mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan fitur tersebut kepada sekelompok kecil pengguna terlebih dahulu, tetapi mereka akan memperluas ketersediaannya awal tahun depan.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini