Pecahkan Rekor! Kerangka T-Rex Dilelang Ratusan Miliar Rupiah

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 20:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 16 2290683 pecahkan-rekor-kerangka-t-rex-dilelang-ratusan-miliar-rupiah-q4jJmW79Ef.jpg Kerangka T-Rex "Stan" pecahkan rekor lelang. (Foto: Rumah Lelang Christie's/Fox News)

SEBUAH kerangka Tyrannosaurus Rex (T-Rex) yang hampir lengkap dilelang dengan harga USD31,8 juta atau sekira Rp469 miliar. Angka ini sekaligus memecahkan rekor dunia harga penjualan kerangka dinosaurus.

Rumah Lelang Christie's sebagai pihak pengelola penjualan tersebut mengatakan "Stan" (nama kerangka tersebut) awalnya diprediksi laku di kisaran harga USD8 juta. Namun secara mengejutkan terjual dengan harga hampir empat kali lipat dari perkiraan awal.

Baca juga: Spinosaurus si "Monster Sungai" Diyakini Hidup 100 Juta Tahun LaluĀ 

Kerangka tersebut dinamai Stan untuk mengenang penemu fosil-fosilnya yang bernama Stan Sacrison. Dia mengumpulkan fosil Dinosaurus T-Rex tersebut pada 1987.

Kepala Departemen Christie's Science and Natural History, James Hyslop, mengatakan ini menjadi salah satu spesimen terbaik yang pernah ditemukan. Kerangka T-Rex itu memiliki tinggi 13 kaki dan panjang 40 kaki serta terdiri dari 188 tulang.

Setelah melalui proses pelelangan selama 20 menit, akhirnya kerangka tersebut dibeli oleh seseorang yang tidak disebutkan namanya. Demikian laporan New York Times.

Dikutip dari Fox News, Kamis (8/10/2020), sebelumnya kerangka T-Rex juga pernah dilelang. Pada 1997 kerangka T-Rex bernama Sue dilelang USD8,36 juta. Kemudian pada 2017, Chicago's Field Museum mengganti Sue dengan hewan darat lainnya yang disebut Patagotitan Mayorum.

Baca juga: Peneliti Temukan Dinosaurus Ichthyosaurus Makan Hewan Laut Sebesar 4 MeterĀ 

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2019 mengungkapkan bahwa dinosaurus ini memiliki tengkorak kaku. Sementara penelitian lain menyebut T-Rex kemungkinan memiliki "AC" di dalam kepalanya yang membuatnya tetap dingin saat berburu.

T-Rex terbesar di dunia ditemukan di Kanada pada 2019 yang diberi nama Scotty. Peneliti memperkirakan panjangnya 42 kaki dengan berat mencapai 19.400 pon.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini