Atasi Bug di Android, Google Rekrut Tim Khusus

Sindonews, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 16 2290723 atasi-bug-di-android-google-rekrut-tim-khusus-rMrC1yaxJK.jpg Ilustrasi Google. (Foto: Arthur Osipyan/Unsplash)

BUG adalah suatu kesalahan pada perangkat lunak komputer yang mengakibatkan terjadinya malfungsi. Bug membuat kesalahan atau eror pada software. Guna mengatasi masalah ini, sejumlah pihak pun serius melacaknya. Seperti Google yang sedang membentuk tim khusus.

Dikutip dari Sindonews, Kamis (8/10/2020), Google mulai merekrut tim kemanan khusus untuk mengatasi masalah bug di perangkat Android. Tim ini akan bertugas menemukan celah keamanan dalam aplikasi sensiftif di Google Play Store.

Baca juga: Google Beri Tahu Peretasan Akun via Aplikasi, Tidak Lagi Lewat Email 

"Sebagai seorang Security Engineering Manager di Android Security, tim akan melakukan penilaian keamanan terhadap aplikasi Android pihak ketiga yang sangat sensitif di Google Play," jelas Google dalam deskripsi lowongan pekerjaan yang diunggah beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari ZDNet.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa tim ini nantinya mengidentifikasi kerentanan dan memberikan panduan perbaikan kepada pengembang aplikasi yang terdampak.

Baca juga: Gmail Ubah Logo dengan Desain Warna Ciri Khas Google 

Berdasarkan Software Engineering Manager for Google Play Protect Sebastian Porst, aplikasi yang akan difokuskan oleh tim baru tersebut termasuk aplikasi pelacakan kontak virus corona (covid-19) dan terkait pemilu.

Tim baru ini akan menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan peneliti keamanan independen melalui Program Penghargaan Keamanan Google Play (GPSRP). GPSRP adalah program bug bounty Google untuk aplikasi Android yang terdaftar di Play Store. Google mengambil laporan bug dari peneliti keamanan dan membayar temuan bug atas nama pemilik aplikasi. Namun, program ini hanya terbatas pada aplikasi yang memiliki lebih dari 100 juta pengguna.

Aplikasi yang menangani data sensitif atau melakukan tugas penting tidak selalu memenuhi syarat untuk mendapatkan hadiah GPSRP dan cenderung tidak diuji secara massal oleh pemburu bug.

Baca juga: Google Chrome Seluler Bisa Deteksi Peretasan Kata Sandi 

"Jelas langkah yang bagus," ujar Lukas Stefanko, analis perangkat lunak perusak seluler di perusahaan keamanan Slovakia ESET.

"Menemukan masalah keamanan dengan dampak serius tidaklah mudah dan membutuhkan banyak waktu dan pengalaman," pungkasnya.

Baca juga: YouTube hingga Google Sempat Down, Netizen Bertanya-tanya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini